Peran bank syariah pada dasarnya cukup berpengaruh di Indonesia, karena mengingat Indonesia adalah Negara dengan mayoritas warganya beragama Islam. Apalagi untuk sekarang ini, sudah banyak beberapa bank nasional maupun swasta yang memiliki produk bank syariah. 

Pengertian dari bank syariah sendiri adalah diambil dari kata bank yang berasal dari bahasa Italia dan artinya peti/lemari, peti atau lemari disini dilihat dari segi fungsinya yaitu tempat penyimpanan barang berharga. Sedangkan, untuk bank syariah merupakan sebuah lembaga keuangan yang memiliki usaha pemberian kredit dan jasa sesuai dengan prinsip-prinsip syariah atau syari’i menurut  agama Islam. Adapun beberapa peranan bank syariah yang diketahui, antara lain:

Mengarahkan Kegiatan Perekonomian Umat Secara Islam

Sebuah bank memang tempat semua kegiatan perekonomian berlangsung, namun dengan adanya bank syariah bisa lebih mengarahkan kegiatan tersebut secara syariat Islam. Dengan begitu, masyarakat terutama yang beragama Islam tidak mengikuti kegiatan perekonomian yang mengandung unsur riba yang dikatakan terdapat pada sistem bank non syariah.  Kegiatan ekonomi di bank syariah mengarah pada kegiatan bermuamalat, serta terhindar dari kegiatan yang mengandung unsur gharar atau meragukan.

Menciptakan Keadilan Bidang Ekonomi

Cara menciptakan atau membentuk keadilan pada bidang ekonomi adalah dengan meratakan pendapatan dalam kegiatan investasi, tujuannya agar tidak terjadi kesenjangan sosial yang terbentuk antara pemilik modal dengan yang mengajukan dana. Hal ini juga merupakan salah satu peran bank syariah, yang juga termasuk dalam peran yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena, sebuah keadilan tercipta dengan adanya kesesuain antara dua belah pihak.

Meningkatkan Kualitas Hidup Semua Umat

Bank syariah juga memegang peranan sebagai peningkat kualitas hidup umat manusia, dengan cara membuka peluang usaha bagi rakyat miskin agar bisa lebih produktif dan tercipta masyarakat yang mandiri dalam berusaha. 

Kualitas hidup masyarakat memegang peranan penting terhadap kualitas sebuah Negara, jika masih banyak rakyatnya yang miskin artinya Negara tersebut belum bisa dibilang maju dan berkembang. Begitupun sebaliknya, Negara maju dan berkembang diikuti oleh rakyat yang makmur dan sejahtera.

Mengatasi Masalah Kemiskinan

Pada umumnya fungsi dan peranan semua bank mungkin mengarah pada poin ini, tapi terutama untuk peran bank syariah memang sangat memikirkan masalah kemiskinan umat dan mengatasinya. Untuk poin ini memang merupakan tugas dan tanggung jawab semua Negara melindungi masyarakatnya dari kemiskinan, maka dibuatlah lembaga yang mendukung hal tersebut. Hanya saja, bank syariah menjalankannya berdasarkan syariat Islam.

Menjaga Stabilitas Perekonomian

Selain masalah kemiskinan masyarakat dan kualitas hidupnya, bank syariah juga berperan sebagai lembaga yang bisa menjaga kestabilan perekonomian Negara. Stabilnya perekonomian sebuah Negara dapat dilihat dari keteraturan manajemen keuangan di Negara tersebut, dan semua tugas tersebut memang sudah dilakukan oleh bank terutama juga pada bank syariah. 

Menjaga Umat Dari Ketergantungan Bank Non Syariah

Untuk poin terakhir ini memang pada dasarnya tujuan penting dan utama dibentuknya dan termasuk peran bank syariah, karena menurut syariat Islam bahwa bank non syariah merupakan sebuah lembaga yang menganut sistem riba. Sehingga, masyarakat atau umat tidak tergantung lagi terhadap bank non syariah. 

Beberapa poin di atas memang mewakili bank syariah bagi masyarakat, dengan mewujudkan beberapa fungsi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, telah diketahui bahwa peran bank syariah bagi umat Islam di Indonesia khususnya sangatlah penting.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya