Tips keluarga hafidz sering kali menjadi acuan beberapa keluarga Islam dalam mendidik anak-anaknya. Hal tersebut diharapkan dapat membantu orang tua dari anak-anak dalam menghafal Al-Quran sedini mungkin. Tips tersebut juga pastinya akan berdampak baik tidak hanya tentang keagamaan, tetapi juga tentang perilaku. Misalnya, perilaku disiplin, rajin, dan sebagainya. 

Sebagai orang tua, tentu menginginkan kebaikan bagi anak-anaknya, apalagi untuk urusan akhirat. Jika dalam usia dini anak-anak dapat menghafal kitab suci Al-Quran dengan didikan yang tepat, kenapa tidak coba meniru cara mendidiknya? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda tiru dari keluarga hafidz supaya anak-anak Anda berada dalam didikan yang tepat.

1. Biasakan Anak Dengan Bacaan Al-Quran

Ketika mengandung, Anda harus sering-sering membacakannya surah-surah dalam Al-Quran. Hal tersebut agar bayi dalam kandungan terbiasa mendengar lantunan ayat suci Al-Quran sehingga ketika terlahir akan lebih mudah mengajarinya hafalan. Anda juga bisa menyetel kaset tilawah jika tidak memungkinkan untuk membacanya langsung. Dengan cara ini, insya Allah anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang saleh.

2. Perlihatkan Video Bacaan Al-Quran di Hadapan Anak 

Dalam masa pertumbuhannya, anak cenderung akan mudah mengingat apa yang didengarnya. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan indikator ini dengan memperlihatkan video bacaan Al-Quran kepada anak. Cari video yang menarik minat anak agar tidak bosan. Bisa juga perlihatkan bacaan Al-Quran dengan karakter kartun yang disukainya. Dengan begitu, anak Anda akan menghafalnya dengan sukarela karena merasa hal tersebut menyenangkan.

3. Menggunakan Alat Flash Card

Dalam membantu anak Anda dalam menghafal, Anda bisa menggunakan flash card yang warna-warni. Penggunaan flash card ini bisa Anda terapkan saat anak Anda berusia 6 bulan. Cara ini diharapkan dapat membantu anak Anda dalam mengenali huruf-huruf hijaiyah dalam Al-Quran.

4. Putar Kaset Tilawah Agar Anak Terbiasa Mendengarnya

Setelah lahir pun, Anda perlu memutar kaset tilawah dan membiarkan anak Anda mendengarnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap prosesnya dalam menghafal Al-Quran. Karena semakin akrab dia dengan lantunan ayat suci Al-Quran, maka dia juga akan terbiasa. Anda juga bisa mengunduh aplikasi Al-Quran di smartphone yang dapat memutar tilawah.

5. Menguji Hafalan Anak Anda

Menguji hafalan dapat membantunya mengingat lebih lama. Disarankan untuk menguji hafalan anak di juz 30. Hal tersebut karena jika sudah mampu menghafal surah yang pendek, menghafal surah panjang akan terasa lebih mudah. Dalam mengujinya pun, Anda tidak diperkenankan untuk memarahi atau membentak anak jika terdapat kesalahan. Sebaliknya, Anda beri tahu kesalahannya dan suruh perbaiki kesalahan tersebut. Jangan lupa untuk terus memberikan dukungan kepada anak Anda agar mereka bersemangat dan tidak jenuh dalam menghafal Al-Quran.

6. Jadikan Al-Quran Sebagai Pembelajaran Yang Menyenangkan

Bila Anda menjadikan Al-Quran sebagai pembelajaran yang menyenangkan, menghafal Al-Quran pasti akan terasa lebih mudah dilakukan. Sebagai orang tua yang baik, Anda harus mampu menjadi teladan yang baik dengan mengajak anak untuk selalu membaca Al-Quran setiap hari. Tentunya, kebiasaan baik seperti ini akan berdampak baik juga.

Demikianlah tips keluarga hafidz dalam mendidik anaknya agar mampu menghafal Al-Quran yang bisa Anda tiru. Anda dapat meniru salah satu hal yang sanggup Anda lakukan di atas atau bahkan menerapkan semuanya. Dengan izin Allah SWT, ikhtiar Anda pasti akan mendapat balasan baik dari-Nya.

0Komentar

Ini adalah postingan pertama Selanjutnya