Sejarah Islam di India merupakan kisah yang panjang, karena asal muasal masuk nya peradaban Islam ke India sudah dari ribuan tahun yang lalu. Perjalanannya tidak mudah, karena bukan termasuk Negara yang mayoritas muslim. Ada beberapa fakta yang diketahui menjelaskan bagaimana awal mulanya Islam masuk ke India hingga menjadi sebuah sejarah, yaitu antara lain:

1. Agama Terbesar Kedua di India

Walaupun bukan agama mayoritas di India, tapi Islam merupakan agama terbesar kedua setelah Hindu. Di India memang cenderung dominan penduduknya menganut agama Hindu, baru setelah itu agama Islam yang ada di Negara ini. Hal seperti itu pun juga sudah membentuk sejarah Islam di India.

2. Malik Ibnu Dinar dan 20 Sahabat Rasul Adalah Penyebar Islam Pertama

Selain itu, diketahui bahwa penyebar Islam pertama kali di Negara yang memiliki sungai Gangga ini adalah 20 sahabat Rasul bersama Malik Ibnu Dinar. Setelah itu, barulah menyusul penyebar Islam lainnya. 

3. Dibangunnya Masjid Pertama di India 

Sebagai salah satu sejarah Islam di India, dibangunnya masjid pertama di India yaitu masjid yang berbentuk sedikit mirip dengan Candi tempat pemujaan umat Hindu di daerah Kerala. Namun, cerita seperti itu tidak hanya terdengar satu cerita. 

Tapi juga terdapat cerita lainnya yang menyebutkan bahwa pendiri masjid pertama adalah Cheraman Perumal Bhaskara Ravi Varma, yang merupakan muslim keturunan Hindustan atau India. Sehingga, masjid tersebut diberi nama masjid Cheraman.

4. Masuknya Islam Oleh Pedagang Arab

Masuknya Islam ke India setelah itu, pada akhirnya dibawa oleh para pedagang Arab yang singgah ke India. Tujuan mereka datang, tidak lain untuk berdagang berbagai macam barang. 

5. Penyebaran Islam Diteruskan Pada Masa Khalifah Dinasti Umayyah

Setelah masuk pertama kali hingga akhirnya dibawa masuk ke India melalui pedagang Arab, pada akhirnya penyebaran agama Islam diteruskan dan diperluas pada masa kekhalifahan Dinasti Umayyah berpusat di Damaskus. Hal tersebut juga menjadi catatan sejarah Islam di India

6. India Negara Ketiga Populasi Muslim Terbesar

Dari jumlah penduduk India yang mencapai lebih dari 180 juta yang menganut agama Islam, dapat diperkirakan untuk tahun 2050 India bisa menjadi Negara ketiga terbesar yang memiliki penduduk muslim. Bahkan, dalam sejarah Islam di India dikatakan masih ada jejak peninggalan peradaban Islamisasi yang sangat terlihat dari bangunan yang masih berdiri serta ilmu pengetahuannya. Hal tersebut bisa membuktikan, bahwa perkiraan mengenai Islam di India bisa terjadi.

7. Terdapat Percampuran Kebudayaan Islam dan Hindu

Dari persaingan ketat antara kedua agama yang berada di India, justru malah terdapat asimilasi atau percampuran kebudayaan yang berasal dari pengaruh masing-masing agama yang disebut Indo-Muslim.

Terealisasi dalam beberapa seni arsitektur yang mengambil campuran gaya Siria, Mesir, Bizantium, serta Iran. Bahkan, juga terbentuk pada bidang bahasa dimana asimilasi tersebut melahirkan bahasa baru yaitu bahasa Urdu dan Bangla yang merupakan pengaruh Islam terhadap bahasa Sansekerta pada agama Hindu.

8. Hindu Tetap Menjadi Mayoritas Agama Terbanyak di India

Walau bagaimanapun, dalam sejarah Islam ini Hindu tetap menjadi agama terbanyak di India. Hal tersebut didasari karena alasan politik dan kekuasaan.

Urutan dari fakta-fakta yang sudah disampaikan, merupakan urutan dimulainya agama Islam masuk hingga berkembang di India. Artinya, ada proses yang runut dari perjalanan panjang sebuah sejarah. Yang menggambarkan bagaimana awal mulanya agama Islam masuk, hingga diakhiri dengan berkembangnya agama Islam di India. Maka, semua itu sudah menjadi sejarah Islam di India yang sudah tercatat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya