Keluarga bermartabat dalam Islam biasanya keluarga yang tenang dan jauh dari pertikaian. Hal tersebut karena mereka memiliki fondasi yang kuat dalam rumah tangganya. Sehingga permasalahan kecil bahkan besar pun tidak mudah menghancurkan keluarga mereka begitu saja. Keluarga yang seperti itu pasti merupakan keluarga harmonis yang diidamkan oleh banyak orang. Adapun ciri-ciri keluarga bermartabat dalam Islam yang diidamkan oleh banyak orang adalah sebagai berikut.

1. Keluarga Didirikan Atas Dasar Ibadah

Hal yang paling dasar adalah beranggapan bahwa rumah tangga yang Anda bina merupakan salah satu ibadah kepada Allah. Mulai dari pemilihan pasangan, pernikahan, dan proses membina rumah tangga akan terhindar dari unsur maksiat karena tujuannya yang mulia tersebut. 

Pernikahan dalam Islam harusnya merupakan hal yang dilakukan dalam rangka beribadah. Tradisi yang biasa dilakukan oleh orang saat menuju jenjang pernikahan seperti berpacaran atau lainnya yang dapat menimbulkan zina, sangat tidak diperlukan. Tujuan pernikahan dan membangun rumah tangga yang utuh tidak lain adalah untuk beribadah kepada Allah.

2. Terjadinya Penghayatan Nilai-Nilai Islam Secara Menyeluruh

Sebelum memutuskan untuk menikah dan membangun keluarga yang utuh, sudah sepatutnya Anda mempelajari  nilai-nilai Islam yang berkaitan terlebih dulu. Hal tersebut agar Anda memiliki prinsip dan pegangan yang kuat dalam menghadapi dunia pernikahan. Seorang istri harusnya memiliki pemahaman yang luas terhadap apa pun agar dapat mengajarkan kebenaran pada anak-anaknya kelak. Suami juga perlu ikut campur dalam perkembangan pengetahuan istri agar tidak salah arah. Karena itulah suami dan istri sedianya memiliki pengetahuan Islam yang cukup.

3. Adanya Keteladanan Yang Patut Ditiru

Setiap anak pasti mengikuti apa yang diajarkan orang tuanya. Bahkan perilaku orang tua juga sering kali ditiru oleh anaknya. Berangkat dari hal tersebut, orang tua harus menjadi teladan dan contoh yang baik untuk anak-anaknya. Perilaku baik Anda dalam keseharian akan berdampak pada tumbuh kembang anak.

4. Pembagian Tugas Sesuai Syariat Islam

Dalam Islam, suami dan istri memiliki kewajiban dan hak masing-masing yang perlu dijalankan dengan sebaik-baiknya. Masing-masing perlu memahami dengan baik kewajiban dan hak yang dimiliki. Hal tersebut agar tidak terjadinya pertengkaran saling menuntut hak padahal kewajibannya belum terpenuhi sepenuhnya. Itulah perlunya pemahaman yang benar terkait hak dan kewajiban suami istri.

5. Materi Tercukupi Secara Wajar

Materi yang diperlukan dalam menjalani kehidupan rumah tangga ini merupakan tanggung jawab suami. Pasalnya, menafkahi keluarga adalah salah satu tugas utama yang wajib dilakukan seorang suami. Nafkah tersebut tidak harus berupa kekayaan yang melimpah, terpenuhinya materi secara wajar saja sudah cukup.

6. Terhindar Dari Hal Yang Tidak Islami

Tentunya, menjadi munafik tidak dibenarkan dalam Islam. Termasuk menyimpan barang-barang yang tidak Islami seperti benda-benda keramat, patung, dan lain sebagainya. Jauhkan hal yang dapat menimbulkan kemunafikan tersebut dari dalam rumah.

7. Berpengaruh Dalam Pembinaan Masyarakat

Muslim yang baik adalah yang peduli dengan sesama. Keluarga yang islami tentunya harus mampu berkontribusi terhadap perbaikan masyarakat di sekitarnya, dalam hal ini adalah berdakwah dan menyebar kebaikan. Seorang suami dan istri yang baik perlu memberikan pemahaman terhadap masyarakat di sekitar dengan cara yang sopan.

Demikian ciri-ciri dari keluarga bermartabat dalam Islam yang diidamkan oleh banyak orang. Dengan upaya dan doa yang sungguh-sungguh, menjadi dan memiliki keluarga yang seperti itu sangat mungkin Anda dapatkan.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya