Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sejarah Islam Afrika, banyak informasi yang menceritakan mengenai sejarah tersebut. Karena, banyak sumber yang bisa menceritakan bagaimana sebenarnya awal mula peradaban Islam di benua ini. Afrika memiliki banyak Negara bagian yang penduduknya mayoritas beragama Islam, salah satunya Negara Mali yang diklaim sebagai Negara pertama di Afrika yang memeluk agama Islam.

Sejarah Islam yang terbentuk di dataran Afrika ini, terdapat 90 persen dari jumlah keseluruhan penduduknya yang beragama Islam. Namun, ironisnya muslim di Negara tersebut sangat berhubungan baik dengan agama Kristen dan saling berdampingan. Mungkin masuknya Islam ke Afrika dimulai sejak sahabat-sahabat Rasul pergi ke Abessinia (Habassyah), untuk berlindung dari para kafir Quraisy. Sehingga, sejarah Islam Afrika sudah sangat lama terbentuk.

Tantangan Perkembangan Islam di Afrika

Pada saat memasuki benua Afrika, Islam sangat disambut baik sehingga penduduk yang memeluk Islam pun hampir sebagian besar. Masuknya Islam ke setiap bagian Negara di benua Afrika, memiliki cara yang berbeda-beda dan itulah tantangan masing-masing Negara bagian. Seperti pada bagian Afrika Selatan, sejarah Islam Afrika masuk ke dalam Negara ini melalui budak Melayu yang dibawa oleh orang-orang Eropa.  

Sedangkan, untuk Afrika Utara pengaruh Arab sangat besar atas masuk dan berkembangnya Islam ke dalamnya. Mulai dari datangnya Islam hingga ekspansi dan berkembangnya Islam di Negara ini, semua karena adanya faktor Arab hingga abad ke 20. Lain lagi halnya yang berlaku pada Afrika Barat dan Afrika Utara, dimana Negara Afrika Utara mengalami Islamisasi dan Arabisasi setelah Arab berhasil mengalahkan Afrika Utara. 

Namun, diketahui bahwa ada kemungkinan orang pertama Afrika yang masuk agama Islam adalah Bilali bin Rabah. Yaitu, seorang budak yang sudah dibebaskan dan akhirnya menjadi sahabat Rasul.

 Disamping semua itu, penyebaran dan perkembangan Islam di Afrika juga mengalami banyak tantangannya dalam hal persaingan antara Islam dengan agama lain seperti agama Kristen. Tapi, bukan berarti agama Islam tidak bisa makin berkembang di daerah ini. terbukti dari populasi masyarakat Afrika yang memeluk agama Islam, hingga pada tahun 2002 sudah mencapai 45 persen penduduk Afrika yang muslim dan menjadi sejarah Islam Afrika yang sudah tercatat.

Peninggalan Peradaban Islam di Afrika

Selain peradaban Islam yang terdapat di Afrika, juga terdapat beberapa peninggalan jejak peradaban Islam yang masih ada hingga sekarang. Salah satunya adalah beberapa masjid bersejarah yang dibangun di Afrika dan masih ada sampai sekarang, karena masuknya Islam di Afrika seumur dengan sejarah Islam tersebut. Beberapa masjid tersebut, antara lain:

1. Masjid Agung Kairouan

Masjid ini dikenal dengan nama masjid Uqba, yaitu merupakan masjid yang paling penting di daerah Tunisia. Bangunan ini juga termasuk bangunan bersejarah, yang menjadi monumen Islam terbesar di Afrika Utara dan sangat mengesankan.

2. Masjid Raya Djenne

Masjid kedua di Afrika yang menjadi bukti sejarah Islam di Afrika adalah masjid Raya Djenne, yaitu sebuah bangunan dari lumpur paling besar di dunia. Bangunan ini banyak menarik perhatian para arsitektur dunia, karena masjid yang terletak di kota Djenne ini dianggap bergaya arsitektur Sudano-Sahelian terbaik pada masa itu.

3. Masjid Larabanga

Berikutnya adalah masjid Larabanga, dimana masjid ini memang dibangun dengan gaya arsitektur Sudan yang terletak di daerah Larabanga, Ghana Afrika Barat.

Itulah beberapa peninggalan dari peradaban Islam di daerah Afrika. Semua masjid ini menjadi saksi bisu sejarah Islam Afrika yang sudah terbentuk hingga kini.


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya