Islam, kesehatan dan lingkungan merupakan sesuatu yang harus saling berkaitan, karena dalam Islam  diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan lingkungan yang akan berpengaruh pada kesehatan diri Anda sendiri. Ada beberapa fakta yang menjelaskan kesehatan dan lingkungan menurut ajaran Islam, dan semua terangkum dalam penjelasan berikut ini.

Kebersihan Sebagian Dari Iman

Salah satu yang sering diajarkan dalam Islam, dan tercantum dalam beberapa hadits yang menjelaskan mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Salah satu yang sering diungkapkan adalah kebersihan sebagian dari iman, yang artinya setiap muslim yang memang memiliki iman yang kuat akan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. 

Yaitu, hadits yang tercantum dalam hadits Muslim nomor 223 yang menyatakan kesucian merupakan sebagian dari iman. Kesucian merupakan bentuk dari segala kebersihan dan keindahan, yang memang sangat disukai Allah SWT.

Islam Mengajarkan Kebersihan Diri

Setelah Anda memahami makna dari menjaga kebersihan dan kesehatan, artinya Anda memang memiliki iman. Dengan begitu, Anda harus memulai dari kebersihan diri sendiri. Islam mengajarkan ada lima jenis fitrah, yaitu mencukur kumis, mencukur bulu ketiak, memotong kuku, khitan, dan mencukur bulu kemaluan. 

Bahkan, dalam hadis juga diterangkanmengenai pentingnya bersiwak untuk menjaga kebersihan mulut. Hal-hal tersebut bentuk perwujudan keimanan Anda yang dimulai dari diri sendiri, yang menunjukkan pengaruh Islam kesehatan dan lingkungan.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Begitu Anda sudah yakin bahwa diri Anda sudah bersih dari segala najis dan kotoran yang akan membuat penyakit, maka Anda bisa beralih pada lingkungan Anda sendiri. Salah satu bentuk memjaga lingkungan adalah pemeliharaan air bersih, karena banyak sekali penyakit yang berkaitan dengan air.

Kebersihan Lingkungan DImulai Dari Rumah

Dalam Islam kesehatan dan lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan bisa dimulai dari lingkungan rumah Anda sendiri. Jika lingkungan di rumah Anda sudah bisa terjaga kebersihannya, secara otomatis kesehatan Anda dan keluarga akan terjaga. Allah akan menjaga umatnya, yang juga bisa menjaga diri dan kesehatannya serta kehormatannya sendiri dari pengaruh buruk. 

Ibadah dan Kebersihan Sangat Erat

Siapa bilang kebersihan dan ibadah tidak saling berkaitan, justru ini sangat berhubungan erat. Karena selain Anda menjaga kebersihan lingkungan mulai dari diri, rumah dan sekitarnya, maka secara tidak langsung pikiran Anda bisa merasa tenang dan dapat melakukan ibadah dengan sebaik-baiknya. 

Selain itu, dalam menjaga kebersihan juga salah satunya menjaga kebersihan tempat ibadah dan tempat pendidikan dimanapun berada. Kedua tempat itu merupakan bentuk tempat ibadah yang biasa kita lakukan sehari-harinya. Pertama yaitu beribadah kepada Tuhan secara langsung, yang kedua adalah beribadah dengan belajar atau mengajarkan ilmu pada orang lain.

Pentingnya Kebersihan Hati

Kalau Anda sudah benar-benar menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan Anda, maka Islam kesehatan dan lingkungan Anda sudah terpenuhi. Setelah itu, Anda juga harus menyadari pentingnya kebersihan hati. 

Karena, kebersihan hati Anda akan tercemin pada penampilan, sikap dan perbuatan Anda sendiri. Jika Anda tidak menjaga kebersihan hati, walaupun lingkungan Anda sudah sangat terjaga tapi hidup Anda akan merasa tidak tentram. Apabila hati Anda bersih, maka hidup Anda akan tenang, aman, damai dan nyaman. 

Beberapa fakta di atas dapat Anda jadikan pedoman untuk mencapai ketenangan dan kenyamanan hidup, dimana kebersihan dan kesehatan lingkungan dan kebersihan diri dan hati Anda sudah saling mendukung. Tidak ada alasan lagi untuk Anda merasa tidak tenang menjalani kehidupan yang teratur seperti itu, karena Islam kesehatan dan lingkungan sudah terbebas dari penyakit 


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya