Sejarah Islam Aceh mengalami cerita yang penjang, karena pada awalnya Islam belum masuk di daerah ini. Walaupun Aceh mendapat julukan serambi Mekah, tapi ternyata Aceh pun peran mengalami zaman jahiliyah. Sebelum tahun 400 M, Aceh memang belum terdengar jelas. Banyak cerita mengenai fakta Islam masuk ke Aceh, diantaranya adalah:

Sebelum 1500 M Belum Diketahui Orang

Seperti yang diketahui, bahwa Aceh sama sekali belum banyak yang mengetahui dengan jelas pada tahun sebelum 1500 M.  Karena, memang belum masuknya agama Islam pada waktu itu.

Agama Hindu Sebelum Islam

Menurut sejarah Islam Aceh, sebelum Islam masuk dan menjadi agama mayoritas di provinsi Daerah Istimewa Aceh ini memang dikuasai dan dipengaruhi oleh agama Hindu. Terlihat dari cara berpakaian wanitanya pada saat itu, seperti menggunakan sanggul ala wanita beragama Hindu. 

Selain itu, fakta-fakta lain yang menunjukkan adanya pengaruh budaya Hindu pada saat itu adalah penamaan beberapa tempat dengan menggunakan bahasa Hindu. Karena, budaya yang berkembang pada masyarakat Aceh saat itu adalah nilai agama Hindu. Walaupun begitu, masih belum bisa dikatakan jelas kalau kerajaan Hindu pernah berdiri di tempat ini.

Aceh Sebagai Lokasi Paling Strategis

Karena Aceh terletak paling barat provinsi daerah bagian di Indonesia, maka daerah ini dikatakan paling strategis di daerah Asia Tenggara untuk dilalui dan disinggahi para pedagang dan penjelajah dunia. 

Bahkan, Aceh dianggap sebagai jalur tersibuk dalam pelayaran dunia karena letaknya yang memang dikelilingi oleh selat Malaka dan Samudra Indonesia. Artinya, dalam sejarah Islam Aceh hal tersebut adalah awal mulanya Islam masuk ke Aceh melalui para pedagang yang singgah. 

Kunjungan Marco Polo Hingga Tome Pires Berpengaruh Besar

Seperti yang sudah dikatakan, bahwa Islam masuk ke Aceh melalui persinggahan para penjelajah dan pedagang di seluruh dunia. Salah satu yang mengawali adalah Marco Polo, dengan cerita perjalanannya yang sempat ditulis dan dibukukan. 

Marco sudah pernah menyinggahi beberapa pelabuhan dimana tempat-tempat tersebut diketahui terdapat banyak penganut agama Islam. Bahkan, hingga penjelajah yang bernama Tome Pires seorang musafir asal Portugis yang kala itu mengunjungi Samudra Pasai yang berada di Lhokseumawe dan menuliskan masuknya Islam.

Kerajaan Islam di daerah Aceh Ikut Mempengaruhi

Selain melalui pedagang dan musafir yang lalu lalang melewati Aceh, sejarah Islam Aceh juga dibentuk dari banyaknya kerajaan Islam yang berdiri di Aceh. Salah satunya adalah kerajaan Samudra Pasai, dapat dibuktikan dari batu nisan yang terdapat di sana. Catatan dari Ibnu Batuttah, seorang penjelajah Maroko juga menguatkan mengenai kerajaan Islam yang berkembang dengan sangat baik di Aceh.

Aceh Adalah Daerah Pengembang Pertama Agama Islam di Indonesia

Setelah semua cerita yang didengar mengenai sejarah Islam di Aceh ini, dapat disimpulkan bahwa Aceh merupakan daerah dan provinsi pertama yang penduduknya menganut agama Islam dan menjadi pengembang pertama untuk agama Islam.

Cukup Panjang perjalanan sejarah masuknya Islam di Aceh, dimana daerah ini adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memang memiliki penduduk hampir seluruhnya beragama Islam. Dan yang sangat mempengaruhi masuknya agama Islam dan menjadi catatan sejarah adalah perjalan para musafir tersebut, hingga pada akhirnya dicatat dalam beberapa buku perjalanan tiap-tiap musafir.  Sehingga, sejarah Islam Aceh dapat dikatakan berkaitan erat dengan dunia pelayaran dunia.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya