Sejarah Islam Amerika sangat perlu kita ketahui, agar kita bisa lebih memahami bagaimana agama Islam berdiri di semua tempat dan daerah. Dengan begitu, kita sebagai penerus bisa melanjutkan perjuangan leluhur kita untuk terus menyebarkan agama Islam kita kesemua bagian di dunia ini. Dalam memasuki Negara liberal Amerika, ada beberapa tahapan masuknya agama Islam yaitu diantaranya:

Muslim Tiba Bersama Christopher Columbus

Mungkin Anda tidak akan pernah menyangka, bahwa agama Islam masuk ke dalam Amerika sebagai sejarah Islam Amerika justru dibawa secara tidak langsung oleh Columbus seorang penemu benua Amerika. 

Pada saat ia berlayar untuk menjelajah dunia baru yang sekarang menjadi Amerika, dalam perjalanannya di kapal Columbus justru terdapat sepertiga budak kulit hitam yang beragam Islam yang bekerja di kapal tersebut. Artinya, Columbus datang untuk pertama kali ke benua Amerika yang dia temukan sendiri bersama para muslim di kapalnya.

Amerika Menjalin Hubungan Dengan Negara Islam

Tidak hanya itu, setelah Amerika menjadi sebuah Negara yang menjadikan sejarah Islam Amerika adalah pada saat itu Negara ini juga menjalin hubungan dengan beberapa Negara Islam di dunia. Salah satunya seperti Negara Libya, yang memiliki hubungan cukup baik dengan Amerika. 

Karena, Amerika sudah berhasil menolong Libya dalam perompakan di laut sehingga Libya mencoba untuk mengucapkan rasa terima kasihnya dengan cara member hadiah simbolik pedang yang kini menjadi salah satu bagian penting dalam pakaian seragam marinir Amerika.

Beberapa Fakta Mengarah Pada Hubungan Islam

Sedikit Aneh tapi nyata, Negara yang kini dikenal sangat anti dengan agama Islam ini jusru dahulu kala seperti berbanding terbalik. Karena pengakuannya terhadap agama Islam, maka ada beberapa fakta yang memang sengaja mengarah pada Islam dan Muslim. 

Diantaranya bentuk patung Liberty yang dibuat, dimana landmark Amerika ini masih ada kaitannya dengan Islam yaitu desainer yang terinspirasi dan mendasarkan desain dan rancangan patungnya ini dari wanita muslim dari Mesir. 

Selain itu, ada juga kota di Amerika yang akrab dengan muslim dan dunia Islam. Yaitu, kota bernama Allah yang terletak di Arizona dan di Illinois bernama Mahomet yang dinilai mengambil dari nama Nabi Muhammad. Kota-kota tersebut dibuat dengan nama tersebut sebagai penghormatan penduduk setempat terhadap peradaban dan kebudayaan Islam.

Peradaban dan Kebudayaan Islam yang Eksis di Amerika

Di Amerika terdapat dua masjid tertua yang sudah eksis sejak lama, sebagai sebuah peradaban dan kebudayaan Islam di sana. Dua masjid tersebut tercatat berada di Ross, North Dakota dan di Cedar Rapids, Ohio. Pusat kegiatan Islam tersebut menjadi inspirasi untuk arsitektur-arsitektur lain di Amerika.

Pengaruh Islam Berasal dari Orang-orang Besar di Amerika

Fakta dan tahapan lainnya yang menjadi sejarah Islam Amerika adalah pengaruh Islam yang juga berasal dari orang-orang besar di Amerika, seperti pejuang hak sipil Malcolm X dan petinju dunia legendaris Muhammad Ali. Mereka sangat membawa pengaruh besar bagi perkembangan dan msuknya Islam ke Amerika.

Itulah beberapa tahapan dan fakta dimulainya agama Islam masuk ke Amerika, dengan diawali dari Columbus sebagai penemu benua itu sendiri. Namun, ironisnya justru sekarang Negara inilah yang tidak terlalu menerima Islam dan muslim masuk karena beberapa masalah dan kesalahpahaman yang tak terselesaikan antar Negara. Tapi, itu semua menjadi catatan panjang sejarah Islam Amerika yang tak pernah terlupakan oleh umat Islam.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya