Setiap wanita tentu harus menjaga kesehatan wanita yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT. Selain itu, semua wanita pun telah diberikan kecantikan, sebagai aspek istimewa yang membedakannya dengan laki-laki. Kedua komponen tersebut, baik kesehatan maupun kecantikan, harus senantiasa dijaga melalui cara yang benar. 

Sebagai umat Islam, tips atau cara untuk menjaga kesehatan wanita telah dicontohkan oleh istri nabi, Aisyah. Karenanya, di dalam artikel ini akan diulas secara lengkap mengenai tips menjaga kesehatan serta kecantikan untuk seluruh wanita sebagaimana yang telah dicontohkan oleh istri Rasulullah, Aisyah RA.

Pentingnya Menjaga  Kesehatan Wanita 

Kesehatan yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT tidak boleh disia-siakan. Ketika sehat, Anda menjadi bisa beraktivitas secara normal. Akan tetapi, apabila tidak dirawat dengan baik, maka bukan tidak mungkin sakit itu akan datang. Saat sakit, tubuh rasanya tidak enak untuk melakukan apapun. Bahkan untuk makan pun tidak enak. Sebab, ketika sakit, sebagian besar nikmat dalam tubuh manusia dicabut oleh Allah SWT. 

Karena itu, selagi masih diberikan kesehatan, jangan sampai tidak dijaga dengan baik. Menjaga kesehatan merupakan ikhtiar, yang mana sakit adalah ujian. Setiap manusia dianjurkan untuk selalu berikhtiar di jalan yang benar. Maka dari itu, menjaga supaya tubuh senantiasa sehat yaitu hal yang sangat dianjurkan. Terlebih, apabila sehat, Anda cenderung lebih senang.

Menjaga Kesehatan Wanita Seperti Aisyah Istri Rasulullah

Aisyah, istri Rasulullah, telah memberikan teladan untuk menjaga kesehatan. Pertama, dengan menjaga pola makan. Seperti yang diketahui, makan secara berlebihan adalah perbuatan setan yang tidak boleh dijalankan. Karenanya, seluruh umat Islam tidak dianjurkan untuk memaksakan makan saat sudah kenyang. 

Sebab, hal tersebut pun akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apabila dianalogikan, jika Anda mengisi bensin pada wadah yang sudah penuh terisi, maka boleh dikatakan itu percuma saja hanya membuang bensin. Sama halnya dengan perut. Ketika Anda sudah kenyang, tetapi terus memaksakan diri untuk mengisi perut, maka makanan yang masuk tersebut menjadi mubazir, percuma. 

Setelah itu, sebaiknya makan makanan yang sehat. Saat ini, banyak ditemui makanan cepat saji yang cenderung kurang baik untuk kesehatan. Namun, eksistensi makanan cepat saji sangat digemari oleh manusia kini. Sebaiknya, Anda meminimalisir untuk mengonsumsi makanan cepat saji dan memperbanyak makan sayuran agar tubuh menerima nutrisi serta gizi yang seimbang.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat merupakan hal yang paling utama serta berpengaruh terhadap kesehatan. Saat Anda menerapkan pola hidup sehat, maka kesehatan akan mengikuti Anda. Pola hidup sehat ini dapat diimplementasikan melalui makan secara teratur dan rajin berolahraga. 

Melalui olahraga, tubuh akan terasa lebih bugar. Kinerja jantung serta sel-sel tubuh pun menjadi lebih optimal. Dengan begitu, peredaran darah yang mengalir dalam tubuh menjadi semakin lancar, sehingga  akan memperkecil peluang terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Sekaligus menurunkan risiko terjadinya penyakit berbahaya. Jadi, jangan malas untuk berolahraga ya. Sebab, manfaatnya sangat baik bagi tubuh. Namun, jangan terlalu memforsir diri untuk terus berolahraga, karena tubuh perlu istirahat. 

Kisah Aisyah yang melakukan lomba lari bersama Rasulullah dengan penuh romantisme adalah cerminan perilaku hidup sehat melalui olahraga. Terlebih, olahraga dapat mereduksi lemak yang mengancam kesehatan apabila ditimbun. Maka dari itu, jangan lupa olahraga ya. 

Sarana Untuk Bersyukur

Selain ikhtiar, menjaga kesehatan juga sarana untuk mewujudkan rasa syukur. Bagaimana tidak, sebagai anugerah dari Allah SWT, menjaga kesehatan berarti bersyukur atas apa yang telah diberikan. Tidak boleh menyia-nyiakan apa yang telah dianugerahkan kepada kita. Karenanya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya.

Bagi para wanita, bisa sekali untuk menerapkan cara menjaga kesehatan seperti yang telah dicontohkan oleh Aisyah, istri Rasulullah. Berawal dari tubuh yang sehat, hati bisa menjadi senang. Maka dari itu, kesehatan adalah harta yang paling berharga dan harus dijaga.


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya