Tubuh ideal merupakan hal yang sebaiknya diwujudkan, karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Bahkan, Rasulullah pun telah mencontohkan untuk memiliki tubuh sehat yang proporsional, tidak terlalu gemuk. 

Dalam sebuah hadist, memang pernah diriwayatkan apabila Rasulullah tidak mempermasalahkan tubuh gemuk atau tidak. Akan tetapi, bukankah lebih baik untuk mengikuti Rasulullah yang memiliki tubuh ideal yang tidak terlalu gemuk? 

Tubuh Ideal Rasulullah 

Rasulullah merupakan sumber teladan yang paling baik bagi seluruh umat Islam. Dalam menjaga kesehatan, Rasulullah menerapkan pola hidup sehat sekaligus menjalankan sunnah. Tanpa perlu diet, Rasulullah tetap bisa memiliki tubuh yang tidak terlalu gemuk karena menjauhi perilaku yang dilarang oleh Allah.

Sebagai contoh, Allah tidak menganjurkan untuk makan secara berlebihan. Rasulullah selalu makan tanpa berlebihan, sehingga tidak akan menjadikan perut gemuk. Sebaiknya berhenti makan sesudah kenyang. Jangan sampai memaksakan diri hanya karena nafsu. Apabila memang sudah kenyang, sebaiknya jangan dipaksa untuk makan terus menerus. 

Namun, makanan yang telah diambil pun tidak boleh disia-siakan. Sama halnya dengan mubazir apabila sudah diambil, tetapi tidak dimakan. Maka dari itu, hal ini sekaligus mengajarkan umat Islam untuk tidak bersifat rakus. 

Ambil makanan secukupnya, meskipun memang sangat menginginkan makanan tersebut. Sebab, perut manusia memiliki kapasitas, bukan tanpa batas. Ketika dirasa sudah cukup, tidak perlu menambah porsi makan dua kali lipat. 

Cara Menjaga Tubuh Ideal Seperti Rasulullah

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjaga tubuh agar senantiasa sehat, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.

Pertama, diiringi dengan niat karena Allah. Dalam mewujudkan tubuh yang sehat, semua aktivitas harus diniatkan hanya karena Allah. Dengan begitu, hati akan menjadi ikhlas saat melakukannya. Semua ikhtiar, termasuk menjaga agar tubuh senantiasa sehat tentu harus dimulai dari niat yang baik, hanya karena Allah. Berpedoman dari hal tersebut, Anda bisa menciptakan tubuh yang sehat dengan niat karena Allah, sungguh mulia.

Kedua, menunaikan puasa Senin Kamis. Rasulullah telah memberikan teladan supaya umat Islam senantiasa menjalankan sunnah puasa Senin Kamis. Melalui sunnah berpuasa di hari Senin dan Kamis secara rutin, maka pola makan akan teratur, sehingga tubuh bisa menjadi proporsional. Tanpa perlu diet, tubuh bisa menjadi sehat sekaligus menjalankan sunnah. Jadi, yuk mantapkan hati untuk rutin menjalankan puasa sunnah di hari Senin dan Kamis. 

Ketiga, sebaiknya Anda tidak tidur setelah mengonsumsi makanan yang berat, seperti nasi. Seringkali ditemui orang yang tidur setelah makan lantaran perut kenyang mengantarkan pada mata mengantuk. Namun, sebaiknya Anda mengajak diri Anda untuk tidak tidur setelah makan. Sebab, kegiatan tersebut akan mengakibatkan perut buncit atau gemuk. Jadi, alangkah lebih baik untuk menahan rasa ngantuk setelah kenyang. Jangan sampai terlelap ya setelah makan berat.

Mewujudkan Tubuh Sehat Sekaligus Menjalankan Sunnah

Sebagaimana yang telah dicontohkan nabi, beliau berpuasa sunnah pada hari Senin dan Kamis secara rutin. Hal tersebut membuat beliau mempunyai tubuh yang sehat. Sebab, pola makan menjadi teratur. Karenanya, Anda sekaligus bisa menjalankan sunnah untuk mendapatkan tubuh yang sehat. 

Selanjutnya, juga melalui makan secukupnya, itu berarti telah mengikuti anjuran Allah untuk tidak makan secara berlebihan. Jadi, selain tubuh menjadi lebih sehat, aktivitas yang Anda lakukan pun akan mendatangkan pahala.

Hikmah Menjaga Tubuh Sehat

Menjaga kesehatan merupakan kewajiban setiap manusia, tidak terkecuali umat Islam. Melalui tubuh yang sehat, penyakit-penyakit dapat diperkecil peluang terjadinya. Selain itu, sehat pun mahal harganya dan anugerah yang sangat luar biasa. Ketika sehat, semua kegiatan bisa dijalankan dengan senang. Karenanya, selagi diberikan tubuh yang sehat oleh Allah SWT, harus selalu dijaga ya.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya