Menjalankan puasa ramadhan satu bulan penuh adalah kewajiban bagi seluruh manusia yang menganut agama Islam. Tapi, terkadang beberapa orang semakin lama semakin tidak bersemangat menjalankan puasa. 

Padahal, sebenarnya dengan adanya puasa ini bukan alasan untuk bermalas-malasan. Bagaimana sih caranya agar bisa menjalani puasa dengan penuh semangat selama satu bulan penuh? Yuk ikuti 5 tips sahur berikut agar puasa lancar. 

Jadwalkan Melaksanakan Sahur Ketika Menjelang Imsak

Sebagian besar orang, pasti akan memilih untuk menjalankan sahur satu hingga dua jam sebelum imsak. Salah satu alasannya adalah untuk mengenyangkan perut selama menjalankan puasa seharian. Padahal, sebenarnya cara ini tidak efektif untuk menjamin agar Anda tetap bersemangat.

Agar Anda bisa menjalankan puasa dengan lancar sebaiknya menjadwalkan sahur ketika menjelang imsak. Mungkin 15 atau 20 menit sebelum imsak sehingga Anda tetap bisa makan dengan tenang. Tidak perlu banyak juga, melainkan secukupnya saja agar tidak terlalu kekenyangan dan menjadikan alasan untuk bermalas-malasan di pagi hari. 

Hindari Minuman yang Sifatnya Diuretik

Tahukah Anda minuman yang bersifat diuretik? Minuman tersebut seperti kopi dan teh kental. Ketika Anda mengkonsumsi minuman ini ketika sahur maka akibatnya adalah mudah buang air kecil sehingga memungkinkan cairan Anda berkurang dengan cepat. Padahal, ketika berpuasa cairan dalam tubuh harus dalam keadaan cukup.

 Lalu, apa yang sebaiknya diminum ketika sahur? Sebenarnya untuk teh tidak masalah, asalkan jangan sampai kental dan sampai berubah warna menjadi coklat. Sedangkan untuk gulanya cukup satu sendok datar saja. 

Tetap Melakukan Olahraga Ringan Setiap Harinya

Olahraga ketika berpuasa tidak akan membuat Anda cepat lapar atau haus asalkan masih tergolong ringan. Misalnya jogging dengan jarak pendek, senam lantai atau olahraga ringan lainnya. Selain jenis olahraga, Anda juga harus mencari tahu waktu terbaik untuk olahraga ketika berpuasa. 

Rekomendasi untuk melakukan olahraga adalah pagi hari agar tubuh lebih bersemangat daripada tidur setelah sahur. Tapi, kebanyakan orang justru lebih memilih untuk jalan-jalan atau lari di sore hari menjelang berbuka sembari ngabuburit. Padahal di sore hari sebaiknya mempersiapkan diri untuk berbuka puasa bukannya menghabiskan tenaga yang tersisa. 

Konsumsi Banyak Sayur dan Buah

Agar pemenuhan kebutuhan tubuh Anda tetap terpenuhi, maka ketika sahur Anda harus mengkonsumsi sayur dan buah. Karena kedua makanan tersebut memiliki kandungan air cukup banyak dan di dalamnya kaya akan vitamin. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah merasa lemas hingga mendekati waktu berbuka. 

Supaya menu sayur dan buah tidak terlewatkan sebaiknya Anda mengatur jadwal sahur dan berbuka. Lebih baik lagi jika Anda tidak melupakan aturan minum air putih 8 gelas dalam sehari.

Tidur Secukupnya Setelah Sahur Agar Tidak Lemas dengan Posisi yang Tepat

Sebenarnya, tidak masalah jika Anda ingin tidur selepas sahur. Tapi, perlu diingat agar tubuh tidak merasa lemas sebaiknya atur waktunya maksimal setengah jam. Tujuannya agar Anda tetap bersemangat untuk menjalani hari meskipun sedang menjalankan puasa. Selain itu, posisi tidur juga harus benar yaitu posisi kepala lebih tinggi atau seperti orang yang setengah duduk. 

Dengan mengikuti beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, maka kemungkinan besar Anda bisa menjalankan puasa satu bulan penuh tanpa kendala. Kecuali wanita yang harus mengalami masa haid dan mengganti puasa di hari lain di luar puasa ramadhan. Jangan sampai rasa malas akan mengganggu ibadah puasa Anda. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya