Dalam ajaran agama Islam, terdapat banyak sekali aturan yang harus dihindari oleh seluruh umat Islam. Salah satunya adalah dalam melakukan transaksi, Allah SWT telah menilai bahwa orang-orang yang  tidak menjalankan hidup sesuai dengan ajaran agama Islam. Dalam dunia transaksi, terdapat banyak istilah yang asing ditelinga kita namun harus kita dengarkan. Bagi Anda yang belum pernah mendengar salah satu istilah dari daftar berikut, maka Anda bisa menjadikannya  tambahan wawasan. 

Tradlis

Tradlis merupakan suatu situasi yang dimana salah satu pelaku yang bertransaksi berusaha keras untuk menyembunyikan informasi apapun dari pihak yang lainnya. Tujuan dari melakukan penyembunyian informasi ini adalah untuk menipu salah satu pihak atas objek yang diperjual belikan. Jadi, penipuan ini bisa berbentuk kualitas produk, kuantitas, waktu penyerahan dan harga. Oleh karena itu, agar Anda tidak menjadi korban dari salah satu tindakan seperti ini sebaiknya Anda berusaha untuk menjaga diri.

Ikhtikar

Istilah selanjutnya dikenal dengan sebutan ihtikar. Istilah ini merupakan sebuah situasi dimana produsen mengambil keuntungan diatas batasan normal dengan mengurangi penawaran. Dengan begitu, harga produk yang dijual akan naik sehingga dapat menghambat produsen lain masuk ke pasar. 

Jadi, misalkan Ana mengambil barang ketika harga sedang murah kemudian ditimbun sehingga suatu saat akan menjualnya kembali ketika harga sedang naik. Dengan begitu pihak yang bertransaksi akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. yang tidak halal.

Ba’i Najasy

Istilah ini adalah suatu situasi dimana konsumen mampu menciptakan permintaan palsu. Jadi, maksudnya seperti seolah ada banyak permintaan suatu produk. Hal ini tentu akan mengakibatkan harga terus mengalami kenaikan. 

Nah, situasi ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang curang dan segera mendapat keuntungan dengan cara yang instan. Mungkin dengan cara penyebaran isu sehingga bisa dengan mudah menaikkan harga barang. 

Maisir

Menurut istilah, simpelnya maisir ini adalah suatu usaha yang bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, jika pelaku usaha melakukan hal ini artinya mendapatkan penghasilan tanpa melakukan kerja keras apapun. Misalnya dengan cara berjudi, taruhan dan masih banyak lagi sehingga tergolong haram. Jadi, kondisi seseorang yang terlibat pada transaksi ini adalah untung atau rugi. Maka disini tidak ada kepastian untuk bisa mendapatkan uang, dimana mereka yang melakukannya bahwa semua itu tergantung keberuntungan. 

Talaqqil Jawab 

Maksud dari istilah ini adalah mengambil barang impor dari tempat lain. Jadi, transaksi dengan istilah ini adalah melakukan jual beli sebelum penjual bisa sampai di pasar dan mengetahui harga aslinya.

 Tujuan si pembeli melakukan transaksi ini adalah untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Itulah mengapa transaksi jual beli sebelum sampai lokasi penjualan itu dilarang. Karena yang ditakutkan adalah kerugian untuk si penjual. 

Risywah Alias Suap

Terakhir, ada risywah alias suap yang maknanya adalah suatu pemberian dengan bertujuan untuk membatalkan yang benar dan menguatkan yang salah. Hal seperti ini biasa terjadi pada transaksi yang berkaitan dengan masalah hukum atau keadilan. Hal ini biasa terjadi pada penguasa hukum dengan client. Jika Anda tidak ingin mendapatkan dosa maka sebaiknya hindari hal ini. 

Itulah beberapa istilah dalam dunia transaksi yang diri Anda sendiri tidak pernah paham mengenai pengertian masing-masing dengan mudah. Semua istilah tersebut memang bisa dengan  mudah menimbulkan masalah dalam hubungan antara Anda dengan Allah SWT nantinya. Tapi, dengan mengangkat masalah ini mungkin bisa menghindarkan kita dari hal-hal negatif yang dampaknya buruk bagi kita.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya