Sebenarnya, terdapat banyak ide bisnis yang memiliki peluang besar di Indonesia. Tapi, ada beberapa rekomendasi bisnis yang sangat cocok untuk umat Islam. Rekomendasi ini sudah dinilai memenuhi kriteria syariah. Tidak heran jika banyak muslim maupun muslimah yang memfokuskan diri untuk menjalankan beberapa ide bisnis berikut.

Menjual Busana Muslim

Bisnis terbaik adalah menawarkan produk atau jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang. Selain berpengaruh pada tingkat keuntungan, tapi hal ini juga berpengaruh pada halal atau haramnya bisnis yang sedang kita jalankan. Rekomendasi pertama yang sudah pasti banyak orang tahu adalah menjual busana muslim. Seperti yang kita ketahui, bahwa kewajiban seorang muslim atau muslimah adalah menutup aurat sesuai dengan ketentuan Allah SWT. 

Beberapa produk yang bisa dijual adalah gamis, jilbab, sarung, baju koko, mukenah dan masih banyak lagi. Jadi, dengan begitu Anda bisa mendapatkan rezeki yang halal serta menyediakan kebutuhan banyak orang.

Salon Khusus untuk Muslimah

Rekomendasi selanjutnya adalah salon khusus muslimah. Sebelumnya apakah Anda sudah pernah menemui salon seperti ini? Memang masih sedikit sulit untuk bisa menemukan tempat rias atau berdandan di tempat dengan notabene syariah. Nah, karena masih jarang yang membuka bisnis ini, tidak ada salahnya untuk Anda memulai salon muslimah. 

Pelayanan yang diberikan tidak berbeda dengan salon pada umumnya. Mulai dari manicure dan pedicure hingga spa. Jadi, tujuan adanya salon seperti ini adalah untuk menghindari pandangan dari lawan jenis yang bukan muhrim. 

Tour and Travel untuk Pergi Umroh

Kalau ide bisnis yang satu ini pasti sudah diketahui oleh banyak orang. Bahkan, hampir semua orang sudah menggunakan jasa ini. Umroh adalah salah satu ibadah yang diinginkan oleh seluruh umat Islam setelah naik haji. Setiap tahun pasti ada saja masyarakat Indonesia dan berbagai negara lainnya berangkat umroh. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk membuka bisnis satu ini Anda harus menyiapkan modal cukup besar. Bagaimana tidak? Banyak hal yang harus Anda siapkan mengenai izin buka tour and travel umroh. Beberapa hal tersebut adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Izin Biro Wisata dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa untuk membuka usaha ini juga harus terdaftar sebagai anggota dua asosiasi, yaitu Association The Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA) dan International Air Transportation Association (IATA).

Menjual atau Memproduksi Kosmetik yang Memenuhi Standar Halal

Semua wanita muslim pasti tak bisa lepas dari produk-produk kosmetik. Meskipun begitu, Anda dan wanita yang menganut ajaran Islam harus mengetahui bahwa mengenakan kosmetik tidak boleh berlebihan. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda memulai bisnis kosmetik halal yang masih ada dalam batasan syariah. 

Bisnis Daycare Islami

Ide bisnis terakhir yang bagus untuk tetap memenuhi syariat adalah daycare Islami. Daycare adalah tempat penitipan anak. Karena mengingat saat ini tidak hanya pria saja yang bisa bekerja, melainkan wanita juga berhak untuk mengejar karir. Nah, karena kesibukan ini pasti sang ibu dengan terpaksa harus menitipkan anaknya ketika jam kerja. 

Tapi, sebagian besar wanita muslim  pasti tidak berani menitipkan si anak di sembarang tempat. Oleh karena itu, Anda bisa membuka daycare berbasis Islami yang dalam mengisi waktunya digunakan untuk hal-hal bermanfaat bagi anak sesuai dengan umurnya. Hal bermanfaat tersebut termasuk memberikan ajaran mengenai agama Islam. 

Itulah beberapa ide bisnis yang baik menurut Islam dan dapat memberikan untung besar kepada siapapun. Tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu rekomendasi di atas agar memiliki pemasukan sampingan. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya