Sebenarnya semua gerakan sholat itu memiliki manfaat masing-masing untuk kesehatan terutama sujud. Sujud adalah gerakan dimana umat Islam berlutut dengan menunduk sehingga bagian dahi dan hidung menempel di lantai. Gerakan tersebut dibarengi dengan menempelnya telapak tangan di samping kanan kiri telinga.  Lalu, apa saja sih manfaat sujud dalam sholat untuk kesehatan?

Memperlancar Oksigen Menuju Otak

Dari bagian paling atas, sujud memiliki manfaat yang baik untuk memperlancar oksigen menuju ke otak. Kita semua bisa mengetahui bahwa dalam gerakan sujud posisi jantung akan lebih tinggi dari otak. Dengan posisi tersebut, maka aliran oksigen menuju otak akan lebih mudah. Adanya kelancaran oksigen membuat fungsi sejumlah milyaran saraf dalam tubuh bisa terus meningkat. 

Karena manfaatnya ini, tidak heran jika sebagian besar umat Islam sangat menyukai gerakan sujud. Bahkan dalam berdoa banyak orang yang suka dengan posisi sujud dimana biasanya dilakukan pada sujud sholat paling akhir. 

Meredakan Sakit Kepala

Masih di bagian atas yaitu kepala, salah satu manfaat dari sujud yang mungkin belum banyak orang tahu adalah meredakan sakit kepala. Jadi, bagi Anda yang merasakan sakit kepala atau migrain tidak ada salahnya untuk mengambil posisi sujud. Bahkan ketika Anda merasakan gangguan kesehatan ini, jangan sekali-kali untuk mengabaikan sholat. Karena masih banyak kita temui orang-orang mengabaikan ibadah hanya karena alasan sakit. Padahal yang berhak memberikan cobaan dan menyembuhkan hanya Allah SWT. 

Mengenai hal ini kita bisa belajar dari Rasulullah SAW yang tidak pernah meninggalkan sholat dalam keadaan apapun. Baik ketika sakit parah atau hanya bepergian. Jadi, sholat atau ibadah ini memang sangat penting untuk keselamatan dunia dn akhirat. 

Memperlancar Aliran Getah Bening

Posisi sujud yang menempelkan beberapa bagian pada wajah dan tangan sangat bermanfaat untuk memperlancar aliran getah bening. Cairan satu ini memang harus menyebar di beberapa bagian tubuh. Termasuk beberapa bagian tubuh yang terpenting mendapatkan aliran getah bening yang lancar adalah area ketiak, leher dan kepala.

Apabila sampai aliran getah bening ini tidak lancar maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Dari sini sudah bisa dipastikan bahwa memang gerakan sholat sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Mengatasi Masalah Insomnia

Masalah susah tidur cukup menyiksa bagi para penderita. Bagaimana tidak? Jam untuk istirahat harus terbuang begitu saja sehingga mengganggu kesehatan Anda. Apabila Anda sudah mengalami insomnia dengan jangka waktu cukup lama, sebagian besar aktivitas pasti akan terbengkalai. 

Jadi, bagi Anda yang mengalami masalah ini tidak perlu khawatir. Karena cara untuk mengatasinya cukup mudah. Yaitu hanya dengan melakukan sholat dengan waktu sujud sedikit lama sehingga masalah insomnia ini secara perlahan akan teratasi.

Memperlancar Produksi Kelenjar Susu

Untuk poin satu ini khusus untuk para wanita yang merasa bahwa produksi susunya sedikit kurang lancar. Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu terutama bagi ibu menyusui. Nah, untuk masalah ini Anda bisa mengatasinya dengan mengambil posisi sujud. Bahkan akan lebih baik jika Anda melakukannya dengan melaksanakan sholat wajib maupun sunah. 

Baik untuk Saluran Pernapasan

Manfaat sujud terakhir adalah baik untuk saluran pernapasan. Hal ini bisa didapatkan melalui kondisi abnormal fetra yang bisa menekan diafragma. Dengan begitu, secara langsung diafragma akan mengeluarkan udara yang ada di dalam paru-paru. Jadi, memang sebanyak itu manfaat dari salah satu gerakan shalat yaitu sujud. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya