Agama Islam memang mengajarkan semua hal yang dilakukan oleh manusia tidak terkecuali cara tidur yang sehat. Banyak orang yang belum menyadari bahwa ternyata tidur pun seharusnya juga mengikuti aturan syariat Islam. Karena, hal tersebut juga mempengaruhi kesehatan secara tidak langsung. Bagi Anda yang masih menyadari bahwa posisi tidur juga dianjurkan sesuai ajaran Rasul, berikut penjelasan yang harus Anda simak. 

Tidur Dengan Kondisi Lampu Padam

Apabila Anda bingung sebaiknya tidur dengan lampu menyala atau padam, mungkin penjelasan ini cukup membantu. Menurut riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda agar seluruh umat Islam untuk memadamkan lampu pada malam hari saat tidur.Sabda Rasulullah SAW ini memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Seperti hasil penelitian dari para ahli yang menyatakan bahwa hormon melatonin dalam tubuh kita baru bisa diproduksi jika tidak ada cahaya ketika tidur. Hormon ini sendiri adalah hasil produksi dari kelenjar pineal yang fungsinya untuk mengatur ritme tidur. menjaga kestabilan jantung, antikanker, dan masih banyak lagi. 

Mengambil Posisi Miring ke Kanan

Ketika tidur, sebaiknya Anda mengambil posisi miring ke kanan seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Mungkin kebanyakan orang hanya menganggap bahwa alasan dari sunnah ini adalah karena Islam memang selalu mengutamakan sebelah kanan. Tapi, sebenarnya ada hal yang lebih jelas mengenai kesehatan untuk sunnah tidur dengan miring ke kanan ini. 

Mengambil posisi miring ke kanan ketika tidur adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko gagal fungsi jantung. Jadi, ketika tidur memang kesehatan jantung harus diutamakan sehingga tidak akan mengganggu kesehatan. Nah, salah satu upaya agar jantung tetap sehat adalah cara simpel ini.

Memposisikan Tangan Kanan di Bawah Pipi Kanan

Selanjutnya, Rasulullah SAW juga memerintahkan para umatnya agar memposisikan tangan kanan di bawah pipi kanan ketika tidur. Perintah sederhana yang dibiasakan oleh Nabi Muhammad SAW ini ternyata memiliki manfaat medis. Manfaat tersebut adalah menghindari terjadinya sakit leher yang akan mengganggu aktivitas Anda. 

Bagaimana bisa mengganggu aktivitas? Rasa sakit yang diakibatkan oleh posisi tidur kurang baik ini seringkali terjadi berhari-hari dan membuat gerak Anda tidak leluasa. Oleh karena itu, agar tidak sampai mengalami masalah ini sebaiknya mulai membiasakan untuk memposisikan tangan kanan di bawah pipi kanan. 

Segera Tidur Setelah Sholat Isya

Ternyata, tidak hanya posisi tidur saja yang menjadi cara agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan mengikuti ajaran Rasulullah SAW ketika tidur. Melainkan, waktu tidur juga harus diperhatikan agar Anda mendapatkan waktu tidur yang pas. Selain itu, menurut para medis malam hari adalah waktu dimana hati menetralkan semua racun dalam tubuh. Jadi, membutuhkan keadaan yang tenang agar semua proses tersebut berjalan dengan lancar. 

Menghindari Tidur Dengan Posisi Terlentang

Tahukan Anda Jika ternyata tidur dengan posisi terlentang tidak baik untuk kesehatan? Karena posisi ini dapat membuat Anda secara otomatis mengambil nafas melalui mulut. Sedangkan seharusnya proses pernapasan harus melalui hidung seperti sebagaimana mestinya. 

Itukah lima cara ketika tidur yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Anda harus bisa membiasakan tidur dengan mengambil posisi ini agar kondisi tubuh tetap sehat. Memang tidak semua orang yang naik mobil kamu langsung mati, hanya saja apa salahnya mengikuti aturan Islam yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya