Seluruh umat islam pasti mengenal Rasulullah SAW kekasih Allah SWT yang hingga saat ini menjadi panutan. Setiap kebiasaannya  yang menjadi sosok teladan tak lepas dari menjaga kesehatan jasmani dan rohani. 

Dimana yang paling utama adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari segala bentuk penyakit. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana Rasul menjaga kesehatannya, ikuti beberapa tips dibawah ini. 

Pola Tidur yang Baik

Saat ini, tidak jarang manusia yang membutuhkan waktu tidur terlalu lama. Bahkan lebih dari jam yang sudah dianjurkan, misalnya mencapai 9 sampai 10 jam. Padahal, rasulullah menganjurkan agar setiap umat islam tidur lebih cepat dan bangun lebih awal. Selain untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup, dengan begitu ibadah kita bisa tertata dengan baik. 

Jam yang dianjurkan untuk tidur adalah sebelum pukul 10 malam dan bangun sekitar jam 3 pagi. Memang pada jam bangun itu sholat Subuh belum dimulai, namun akan lebih baik jika kita juga memperbanyak ibadah sunnah. Yaitu dengan shalat malam yang sebaiknya dilakukan tepat di sepertiga malam. 

Makan dengan Cukup

Pasti Anda tak lagi asing mendengar kalimat “makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang”. Jika kita membiasakan diri untuk makan terlalu banyak sama saja dengan kita menghambur-hamburkan makanan itu sendiri. Padahal, dalam sehari kita dianjurkan untuk makan tiga kali dalam sehari.

Begitupun sebaliknya, jangan sampai tidak makan hingga terasa lapar. Karena, tubuh membutuhkan  asupan agar semua organ tubuhnya dapat bekerja dengan baik. Itupun tidak sembarang makanan bisa dikonsumsi. Akan lebih baik jika kita mengikuti apa yang dikampanyekan oleh para pihak kesehatan. Yaitu dengan memenuhi 4 sehat 5 sempurna. 

Rajin Puasa

Dengan puasa manusia memang diminta untuk menahan segala bentuk hal yang ada kaitannya dengan nafsu. Misalnya seperti nafsu makan, marah, berbohong, dan masih banyak lagi. Dalam islam kita tidak hanya dikenalkan dengan puasa ramadhan saja. Terdapat banyak jenis puasa sunnah yang bisa dijalankan seperti senin dan kamis. 

Pada jenis shaum tersebut, kita hanya perlu secara rutin puasa 2 hari dalam satu minggu. Selain mendapatkan pahala, keuntungan dari menjalankan puasa adalah menghindarkan diri dari segala bentuk penyakit. Bahkan, sering kita temui seorang dokter yang menganjurkan pasien untuk menjalankan puasa agar lekas sembuh. Hal itu pun tidak sembarang, melainkan jika kondisinya masih memungkinkan. 

Mengkonsumsi Obat Herbal

Banyaknya obat kimia memang bisa menyembuhkan penyakit yang dialami manusia dengan cepat. Tapi, untuk keamanannya pada bagian organ tubuh lainnya belum tentu baik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mencontoh Rasulullah SAW dimana beliau mengobati segala bentuk penyakit dengan membiasakan mengkonsumsi obat herbal. 

Karena, obat herbal sendiri memang dibuat dari bahan-bahan alami yang sudah terjamin tidak mengandung pengawet dan zat berbahaya lainnya. Beberapa bahan yang bagus digunakan untuk obat herbal adalah jintan, madu dan kurma. 

Menjaga Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi bisa dijaga dengan sering menggosok gigi di pagi hari, sebelum tidur dan setelah makan. Jika Rasulullah SAW dahulu membersihkan giginya dengan menggunakan siwak maka kita bisa menggunakan pasta gigi yang saat ini sudah banyak produknya. Apa sih siwak itu? Siwak adalah akar yang dimiliki oleh tumbuhan Salvadora Persica. 

Nah, itulah 5 tips ikhtiar dalam menjaga kesehatan yang sudah menjadi kebiasaan Rasulullah SAW semasa hidupnya. Sebagai umat yang dicintai, mari kita jadikan contoh untuk membiasakan hidup bersih dan sehat. 


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya