Kesehatan jasmani adalah kemampuan yang dimiliki oleh tubuh agar semua alat tubuh dapat berfungsi dengan baik. Dalam islam, kesehatan jasmani ini sangat ditekankan agar tetap sehat. Oleh karena itu, semua manusia wajib menjaga dan merawat tubuh agar terhindar dari segala bentuk penyakit atau masalah kesehatan.

Agar sebagai umat muslim kita bisa menjaga kesehatan jasmani dengan baik, maka terdapat beberapa cara yang harus dilakukan. Semua cara yang akan disebutkan disini juga sudah menjadi kebiasaan rasulullah semasa hidupnya. Yuk contoh kebiasaan seorang teladan seluruh umat islam. 

Menyeimbangkan Aktivitas dengan Istirahat

Dalam al-Qur’an sudah dijelaskan larangan kepada setiap manusia untuk melakukan sesuatu yang dapat merusak badan. Salah satu larangannya adalah merokok, dimana akan mengganggu kesehatan tubuh, bau dan mengganggu orang-orang yang ada di sekitarnya. Meskipun tidak ada kata dosa, tetapi merokok bersifat mubazir. 

Tapi, hal  yang lebih penting adalah islam menuntut agar seluruh umatnya mampu mengatur ritme hidupnya. Tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan dalam istirahat, ibadah dan beraktivitas. Jadi, sebagai manusia kita tidak hanya dituntut untuk melakukan semua pekerjaan tanpa memikirkan kemampuan tubuh masing-masing manusia. Karena, masing-masing anggota tubuh memiliki hak yang wajib dipenuhi.

Pola Makan dan Minum yang Diatur dengan Baik

Dalam mengkonsumsi makanan, kita diharuskan untuk memenuhi gizi yang sudah disebutkan oleh pakar kesehatan. Bahkan, di al-Qur’an pun sudah dijelaskan pola makan dan minum hingga adab yang baik. Bagaimana makanan dan minuman yang bergizi? Pastinya halalan dan thayyiban. 

Misalnya menyeimbangkan nasi dengan lauk, sayur, buah dan air putih. Hindari lauk yang bersifat haram karena dapat terjadi penumpukan penyakit dalam tubuh. Anda bisa membaca dan memahami artinya pada QS. ’Abasa 80:24. Sedangkan ayat yang menjelaskan tentang makanan dan minuman halalan dan thayyiban ada di QS. al-Baqarat (2)1168; al-Maidat (s):88; al-Anfal (8):&9; al-Nahl (16) : 1 14).

Menjaga Kebersihan

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa kebersihan sangat berpengaruh pada kesehatan. Tidak hanya kebersihan lingkungan saja, melainkan kebersihan tubuh juga penting untuk diperhatikan. Jika dilihat dari terminologi islam, segala bentuk masalah yang ada kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan disebut dengan al-Thaharah. Selain itu, juga berkaitan dengan upaya preventif agar manusia terhindar dari segala bentuk penyebaran kuman dan bakteri.

Bahkan, untuk pengingat kebersihan seluruh umat islam juga sudah dikenalkan dengan kalimat “kebersihan sebagian dari iman”. Diharapkan, dengan kalimat singkat tersebut setiap manusia mau menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh sesuai dengan kaidah yang ada dalam islam itu sendiri. 

Berolahraga Sebagai Upaya Dalam Menjaga Kesehatan

Aktivitas yang penting selain bekerja adalah olahraga. Rumus dari olahraga ini sendiri sebagai bentuk kesibukkan yang dilakukan manusia untuk mendapat kebahagiaan dengan memelihara kesehatan jasmani. Tujuan utama  dalam berolahraga adalah menjaga daya tahan tubuh, menyeimbangkan tingkat emosional, serta efisiensi masing-masing alat tubuh dalam menjalankan fungsinya. 

 Meskipun dituntut untuk olahraga secara rutin, bukan berarti setiap umat diminta melakukan olahraga yang berat. Melainkan tetap dengan kemampuan diri masing-masing individu namun dilakukan secara rutin. Mungkin dalam sehari bisa meluangkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit. Bisa dilakukan pagi hari sebelum memulai aktivitas seperti bekerja atau sore hari setelah luang. 

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan jasmani yang diwajibkan untuk semua orang terutama umat islam. Semoga ulasan singkat yang sudah dijelaskan di atas dapat menumbuhkan semangat kita untuk menjalankan pola hidup yang seimbang antara ibadah, istirahat dan beraktivitas. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya