Manfaat bekam bagi yang membutuhkan sangat baik untuk kesehatan, walaupun juga memiliki efek samping tersendiri. Bekam adalah praktek pengobatan secara tradisional, dimana cara ini juga sudah dipraktekkan di seluruh dunia. Salah satu Negara yang juga sering menerapkan pengobatan tradisional adalah China dan Timur tengah, karena dua Negara ini bentuk ilmu pengobatan untuk kesehatan dan sejenisnya. Bekam termasuk salah satu pengobatan yang juga ditemukan di Indonesia, dan manfaat dari bekam itu sendiri adalah:

1. Membuang Racun dan Kolesterol

Pada dasarnya, tujuan melakukan bekam memang ingin membuang racun penyakit di dalam. Oleh karena itu, manfaat bekam adalah membuang racun, angin serta kolesterol yang terkandung di dalam darah. 

2. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat berikutnya dari dilakukannya bekam adalah bisa melancarkan peredaran darah Anda, karena bekam bertujuan menyedot atau menghisap darah kotor yang ada di dalam tubuh Anda. Dengan begitu, aliran darah Anda semakin meningkat dan berdampak pada pembuluh darah yang menjadi kuat. Lancarnya peredaran darah pastinya juga akan melancarkan semua sistem yang bekerja pada tubuh Anda, dan Anda akan merasa lega setelah dibekam

3. Meredakan Nyeri

Meredakan segala macam nyeri atau sakit juga termasuk salah satu manfaat bekam yang Anda lakukan, dengan bekam rasa nyeri seperti nyeri pinggang, punggung, perut, gigi atau bahkan encok sekalipun bisa diatasi dengan cara dibekam.

4. Mengatasi Keluhan Penyakit

Tidak hanya nyeri, jika Anda memiliki keluhan penyakit mungkin bekam bisa menjadi salah satu jawaban dan pengobatan dari penyakit Anda tersebut. Penyakit migrain, batuk atau tekanan darah tinggi, juga bisa Anda sembuhkan melalui bekam ini. Karena, mungkin banyak yang tidak Anda mengerti bahwa beberapa jenis penyakit bisa ditindak melalui pijatan seperti ini.

5. Menghilangkan Rasa Letih dan Lelah

Selain sebagai solusi dari semua rasa sakit atau kondisi yang kurang sehat, ternyata manfaat bekam juga bisa menghilangkan rasa letih dan lelah. Pada dasarnya, setiap orang yang merasa kelelahan pasti butuh untuk dipijat dan diurut. Metode pijat secara bekam sangat ampuh dan mujarab menghilangkan rasa lelah tersebut, terlebih jika otot dan syaraf Anda sedikit kaku. Dengan begitu, Anda akan kembali segar setelah dibekam.

6. Memperbaiki SIstem yang Bekerja Pada Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa dengan lancarnya semua peredaran darah maka sistem yang bekerja pada tubuh Anda juga menjadi lancar karena diperbaiki secara otomatis oleh bekam tadi.  Bahkan, bekam juga bisa membantu meningkatkan daya ingat Anda serta sistem imun tubuh dan aktivitas saraf tulang belakang.

Begitu banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang didapat dari pengobatan tradisional bekam ini, mungkin masih banyak yang ragu dan belum pernah mencobanya. Namun, tidak hanya manfaat tapi Anda pun juga harus mempertimbangkan dan mengetahui untuk mewaspadai dampak atau efek samping dari bekam, agar Anda bisa membatasi sejauh mana bekam sudah dibutuhkan bagi tubuh Anda. 

Beberapa diantaranya adalah memar kebiruan yang diakibatkan sedotan bekam, rasa tidak nyaman dari otot maupun kulit yang terlihat bengkak dan terasa seperti terbakar hingga tertular penyakit karena berpindah-pindah orang. Melalui survey terlebih dulu terhadap tempat bekam yang Anda akan datangi, dan memastikan bahwa tempat tersebut terjamin aman dan bersih maka Anda pun akan bisa meminimalisir dampak tersebut.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari semua keluhan dalam tubuh Anda coba Anda praktekkan dan rasakan hasil dari manfaat bekam ini pada tubuh Anda dengan tetap berjaga pada efek sampingnya.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya