Makanan sehat Rasulullah mungkin banyak yang belum mengetahuinya, tapi ada juga yang sudah banyak mengkonsumsinya. Jika Anda ingin mencontoh pola hidup sehat Rasul, maka Anda pun harus mengkonsumsi makanan sehat beliau yang memang sudah terbukti. Beberapa diantaranya juga sudah pernah dikonsumsi oleh masyarakat sebagai umat Rasul, coba saja Anda ikuti semua yang dicontohkan beliau. Berikut ini, beberapa makanan sehat yang dikonsumsi Rasul:

1. Air putih

Air putih memang minuman yang paling sehat dari semua jenis minuman sehat, Rasul pun mengakui dan mengkonsumsi. Air putih bisa melakukan apa saja yang dibutuhkan bagi kesehatan, dan menyembuhkan banyak penyakit. Dari mulai bangun tidur, Rasul memulai hari dengan meminum air putih yang berkhasiat bagi tubuh jika diminum langsung pada saat bangun tidur yang bercampur dengan air liur.

2. Kurma

Makanan ini memang jenis makanan khas dari Saudi Arabia, maka itu sering dikonsumsi oleh Rasul. Dimana kurma merupakan makanan yang memiliki manfaat bagi pencernaan, karena dapat membunuh racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kurma juga banyak mengandung manfaat lainnya seperti dapat membantu kesuburan bagi yang sedang mejalani program hamil.

Ini merupakan makanan sehat Rasulullah yang memang sudah sangat ampuh untuk diikuti dan ditiru. Rasul mengkonsumsi kurma ajwa ketika memasuki salat Dhuha, yaitu pagi menjelang siang.

3. Madu

Madu merupakan pasangan dari kurma, dimana keduanya memang saling mendukung untuk membantu membunuh racun jahat dalam tubuh. Madu juga berfungsi sebagai penambah imun tubuh, jika Anda sedang sakit. Madu pun bisa bermanfaat sebagai pengolah makanan dalam usus, keistimewaan madu ini bahkan juga dijelaskan dalam Al-Quran surat An Nahl

4. Minyak Zaitun

Untuk yang satu ini, tidak perlu dijelaskan lagi manfaatnya karena memang sangat banyak dan bervariasi. Yang pasti, tidak akan rugi jika mengkonsumsi minyak zaitun. Apalagi, jenis makanan ini termasuk makanan sehat Rasulullah yang biasa dikonsumsi.

5. Roti Gandum

Jenis roti gandum memang termasuk makanan sehat, karena mengandung karbohidrat yang juga menyehatkan. Kombinasi roti gandum dengan minyak zaitun dan cuka, bisa menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh serta masalah kepikunan. Menurut Rasul, ini merupakan makanan terbaik penduduk di dunia maupun di akhirat.

6. Sayur Mayur

Seperti yang kita ketahui dan sudah kita jalankan, bahwa sayur-sayuran merupakan salah satu jenis makanan sehat yang terdapat dalam 4 sehat 5 sempurna. Rasul biasa mengkonsumsi sayur ini pada saat makan malam, sebagai menu utama makanan sehat Rasulullah.

7. Susu Kental

Setelah selesai memakan sayur mayor pada saat makan malam, salah satu jenis makanan atau minuman yang juga dikonsumsi adalah susu kental. Seperti yang kita ketahui, bahwa susu memang merupakan minuman pelengkap yang sehat. Sehingga, Rasul pun juga mengkonsumsi dan mencontohkan pada umatnya.

Selain makanan sehat yang dikonsumsi beliau seperti beberapa jenis makanan di atas, Rasul juga selalu melakukan rutin untuk berolahraga terutama pada saat ketika habis makan agar makanan tersebut bisa tercerna secara optimal dan baik ataupun dengan cara salat. Juga dengan melakukan makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang. 

Hal tersebut sangat berguna bagi organ tubuh, jika dilakukan dengan baik dan benar. Jika Anda ingin sehat dengan semua cara yang Rasul lakukan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat Rasulullah tersebut maka Anda pun dijamin akan sehat. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya