Islam, kesehatan fisik dan mental memiliki hubungan yang erat, yaitu iman dan takwa. Seorang muslim yang taat dan patuh terhadap Tuhannya serta menjalankan ajaran agamanya, artinya orang tersebut memiliki keimanan dan ketakwaan. Hal tersebut sangat dekat dengan Islam dalam kesehatan fisik dan mental tadi, dengan beberapa faktor yang mempengaruhi. Adapun faktor-faktor tersebut adalah, sebagai berikut:

1. Faktor Biologis

Kesehatan fisik terjadi melalui faktor biologi, atau penyebab-penyebab secara fisik yang ada dalam tubuh. Namun, dalam Islam faktor biologi juga bisa mempengaruhi kesehatan mental. 

2. Faktor Kehidupan

Faktor lainnya yang mempengaruhi Islam kesehatan fisik dan mental, yaitu faktor kehidupan, dimana secara fisik jika kehidupan yang Anda jalani tidak bersih tentunya akan mempengaruhi kesehatan fisik. Seperti yang sudah dijelaskan dalam Islam, bahwa kebersihan diri dan lingkungan sekitar sangat penting. Bahkan, sebuah kehidupan yang terjaga atau tidak bisa sangat mempengaruhi kesehatan mental Anda setelah itu.

3. Faktor Keluarga

Keluarga merupakan orang-orang terdekat kita sebelum tetangga, maka sudah seharusnya keluargalah yang mengetahui pertama kali semua tentang kita. Faktor keluarga ini juga memegang peranan penting bagi kondisi kesehatan Anda, baik secara  fisik maupun mental. Keluarga terutama seorang ibu yang melakukan semua untuk menjaga kesehatan semua anggota keluarganya, apapun bentuk perwujudannya. Secara fisik, ibu menjaga kesehatan anak-anaknya dengan kualitas pola hidup sehat dari makanan dan gaya hidup. Sedangkan, secara mental ibu menjaga anak-anaknya dan seluruh keluarga dengan baik dari pengaruh buruk apapun.

4. Faktor keimanan dan Ketakwaan

Kalau untuk faktor yang satu ini, sangat erat kaitannya dengan hubungan antara Anda dan sang pencipta atau Tuhan yang Maha Esa. Faktor keimanan dan ketakwaan Anda sebagai umat beragama,  dapat menentukan kesehatan fisik maupun mental Anda. Karena, Islam kesehatan fisik dan mental saling mempengaruhi. Jika Anda memiliki keimanan yang kuat, maka Anda tidak akan ragu untuk melakukan semua yang positif terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Mulai dari kesehatan fisik, hingga berdampak pada kesehatan mental.

5. Faktor Keseimbangan

Bukan saja pengaruh dari kehidupan masing-masing orang, tapi keseimbangan dalam hidup seseorang ternyata juga mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Islam merupakan agama yang sangat memiliki potensi untuk menjaga keseimbangan dalam hidup, maka dalam Islam memang diajarkan mengenai keseimbangan tersebut. Baik keseimbangan antara kepentingan dunia dengan kepentingan akhirat kelak, maupun keseimbangan antara kewajiban dan hak masing-masing orang

6. Faktor Gaya Hidup dan Pergaulan

Walaupun Anda memiliki keluarga yang sangat harmonis dan peduli pada Anda, tidak menjamin Anda bisa menjalankan gaya hidup dan memilih pergaulan yang benar. Jika hati Anda sudah tidak bisa disentuh oleh kasih sayang keluarga, maka Anda cenderung akan berbuat negatif. Hal tersebut kembali lagi pada faktor keimanan sebelumnya, dan faktor gaya hidup dan pergaulan dengan atau tanpa keimanan yang kuat juga sangat besar pengaruhnya terhadap Islam kesehatan fisik dan mental pada diri Anda. Oleh karena itu, masing-masing faktor memang saling berkaitan agar Anda bisa menjalani semua faktor secara benar.

Jika Anda sudah sangat memahami, dan memiliki semua faktor tersebut dengan baik sebagai sesuatu yang positif dan dapat mendukung kesehatan fisik dan mental Anda dengan baik. Maka, Anda perlu bersyukur sudah terhindar dari masalah kesehatan dan penyakit tersebut. Oleh karena itu, Islam kesehatan fisik dan mental dipengaruhi dari faktor-faktor tersebut.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya