Banyak yang bisa dicontoh dari keunggulan keluarga Imran, karena nama keluarga dari Ali Imran ini diabadikan juga dalam kitab suci umat Islam Al-Quran. Dalam Al-Quran, memang terdapat surat Al-Imran yang terletak setelah surat Al-Baqarah dan berisi mengenai kebaikan dan keistimewaan dari keluarga Imran tersebut. Apa keistimewaan dari keluarga ini, apakah ia termasuk salah seorang Nabi? Jika Anda ingin mengetahuinya, berikut ini adalah fakta mengenai kebaikan dan keunggulan keluarga Imran.

Selalu Berkhidmat dan Beribadah Kepada Allah

Imran beserta istrinya selalu berkhidmat dan beribadah kepada Allah, apapun kondisi mereka dan bagaimanapun kehidupan mereka. Salah satunya ketika sang istri yang mandul hingga akhirnya diberi keturunan dan hamil, ia memiliki nazar kepada Allah untuk menjadikan anaknya tersebut berkhidmat di Baitul Maqdis jika anaknya tersebut adalah laki-laki. Walaupun pada akhirnya, anak tersebut adalah perempuan namun nazar tersebut tetap dilakukan oleh sang anak.

Imran Seorang Ulama yang Shaleh

Bukti dari keunggulan keluarga Imran adalah keshalehan Imran yang dikenal sebagai seorang Ulama di Bani Israil, sebagai kepala keluarga yang sangat bijak ia pun juga membawa keluarganya untuk selalu taat kepada Allah SWT.

Anak Perempuan Kedua Imran adalah  Ahli Ibadah

Seperti yang diketahui, bahwa Imran memiliki anak kedua perempuan yang diberikan nama oleh istrinya yaitu Maryam. Meskipun Imran tidak pernah bertemu dengan anaknya karena meninggal lebih dulu, namun Maryam yang merupakan ibu dari salah satu nabi Allah SWT Isa AS merupakan wanita suci yang juga ahli ibadah. 

Inilah keistimewaan keunggulan keluarga Imran yan diturunkan pada anak perempuannya tersebut, walaupun Maryam dituduh berzina karena memiliki anak tanpa suami tapi dia tetaplah wanita suci yang sudah ditetapkan dalam Al-Quran. Bahkan, Al-Quran telah membuatnya kembali suci dari tuduhan tersebut.

Namanya Sejajar dengan Nabi Allah

Keluarga Imran biarpun merupakan termasuk keluarga orang biasa bukan dari keturunan Nabi, namun namanya bisa sejajar dengan dua keluarga Nabi Allah SWT. Namanya sejajar dengan Nabi Allah yaitu Adam AS dan Nuh AS, serta keluarga Nabi Ibrahim AS. 

Bahkan, dua anak perempuannya merupakan keluarga dari salah satu Nabi Allah SWT. Anak pertamanya dinikahi oleh Nabi Zakaria AS dan memiliki anak bernama Nabi Yahya AS, dan anak keduanya yang bernama Maryam merupakan ibu dari Nabi Isa AS.

Kemuliaan Seorang Istri dan Seorang Ibu

Sebagai seorang istri dari Ali Imran, Hannah merupakan istri yang mulia dan sangat bersahaja. Bahkan sebagai seorang ibu, ia juga termasuk ibu yang sangat istimewa. Mulai dari ujian hidupnya dengan kondisi mandul, hingga pada akhirnya ia bisa memiliki dua orang anak perempuan dan mengasuh anak-anak tersebut dengan sangat baik. Hannah tetap menjadi istri yang selalu berkhidmat dan bertakwa kepada Allah SWT.  Kemuliaan tersebut tetap diturunkan pada anak-anak mereka, hingga nama keluarga ini masuk dalam Al-Quran yang termasuk dalam rentetan keunggulan keluarga Imran.

Keistimewaan yang dikatakan di atas merupakan beberapa keunggulan yang patut kita contoh dalam keluarga kita, terbukti dari keluarga orang biasa bisa sangat istimewa sejajar dengan keluarga Nabi dan Rasul. 

Dalam surat Al-Imran ayat 33 juga sudah dijelaskan, bahwa Allahlah yang telah memilih keluarga Adam, Nuh, keluarga Ibrahim serta keluarga Imran yang melebihi seluruh umat di dunia ini dengan masing-masing kelebihannya. Artinya, keunggulan keluarga Imran termasuk salah satu di dalamnya. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya