Dengan tips mendidik anak laki-laki, Anda bisa membimbing anak laki-laki untuk tumbuh dengan didikan yang benar. seringkali anak laki-laki diidentikkan dengan sosok yang kuat. Memang betul seorang laki-laki harus mampu menjadi pemimpin. Sebab, anak laki-laki nantinya akan menjadi seorang imam bagi keluarganya. Karenanya, ia harus mampu menuntun keluarganya ke jalan yang diridhai Allah. 

Tips Mendidik Anak Laki-Laki Menurut Islam

Dalam Islam, mendidik dengan kekerasan sangat tidak diperkenankan. Meskipun seorang anak sangat nakal, sebaiknya tidak menjatuhi hukuman kepada mereka berupa kekerasan. Akan tetapi, dalam hal mereka tidak mau menjalankan kewajibannya sebagai sebagai seorang muslim, seperti tidak sholat, orang tua diperbolehkan untuk memukulnya.

Yang dimaksud memukul bukan berarti menyiksa anak. Melainkan, untuk memberi tahu mereka manakala sebagai seorang muslim yang memeluk agama Islam, harus menjalankan kewajiban yang telah disyariatkan. Supaya anak laki-laki senantiasa menjalankan sholat lima waktu, Anda bisa mengajarinya dengan penuh kasih sayang. 

Misalnya, jangan mengancam apabila mereka akan masuk neraka jika tidak sholat. Namun, Anda bisa mengajak anak untuk sholat supaya bisa masuk surga secara bersama-sama. Betapa indahnya nuansa yang demikian ini, mendidik tanpa menyakiti. Dengan begitu, anak laki-laki akan memiliki perilaku yang baik. 

Selain itu, akhlak pun menjadi aspek yang tidak kalah pentingnya. Sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah yang memiliki akhlakul karimah. Keluarga merupakan tempat untuk membangun akhlak yang baik. Karenanya, sudah sepatutnya Anda mendidik anak untuk membentuk mereka mempunya akhlak yang baik. Salah satunya dengan sopan dan menghargai yang lebih tua. 

Tips Mendidik Anak Laki-Laki Usia 4 Tahun

Usia 4 tahun adalah saat anak sedang asyik bermain. Maka dari itu, Anda bisa mendidik anak laki-laki sekaligus melalui permainan. Misalnya, Anda mengajak mereka untuk bermain dengan menyanyikan lagu-lagu islami yang mengandung sholawat. Dengan begitu, anak-anak akan merasa senang sekaligus bisa menghafalkan sholawat. 

Selanjutnya, bisa juga dengan mulai menuntunnya dengan menggambar. Sangat baik manakala anda mengajarkan anak yang masih berumur 4 tahun untuk menggambar huruf-huruf hijaiyah. Yang mana merupakan modal awal supaya anak bisa membaca Al-qur’an. Setelah mereka hafal dengan bentuk hurufnya, maka akan bisa membaca Al-qur’an dengan lancar. 

Yang tidak kalah pentingnya, Anda harus menuturkan untuk selalu taat dalam beragama. Sebagai contoh, mengajarinya untuk mulai berpuasa. Berawal dari puasa setengah hari, lama-lama mereka akan terbiasa untuk berpuasa satu hari penuh selama bulan ramadhan. 

Cara Mendidik Anak Laki-Laki Ketika Telah Berusia 15 Tahun 

Ketika sudah memasuki usia 15 tahun, berarti anak laki-laki telah baligh. Karenanya, Anda sebagai orang tua harus menanamkan pemahaman yang mendalam mengenai hubungan manusia dengan Tuhannya serta hubungan manusia dengan manusia lain. 

Dalam hal hubungan manusia dengan Tuhannya, Anda harus mengajarkan manakala Allah itu Yang Maha Esa. Sebagai umat muslim, maka harus beribadah sesuai dengan syariat yang ada. Mulai dari ketika usianya masih kecil, harus ditanamkan nilai-nilai keagamaan. Dengan demikian, anak akan tumbuh sesuai dengan syariat agama. 

Dalam hubungannya dengan sesama manusia, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk membimbing anak supaya memiliki perilaku yang baik ketika berinteraksi dengan orang lain. hal ini akan membuat anak menjadi pribadi yang pandai bermasyarakat nantinya, saat dewasa. 

Tidak Mendidik Dengan Kekerasan 

Tips mendidik anak laki-laki berikutnya adalah tidak mendidik dengan kekerasan. Untuk membentuk kepribadian yang kuat, bukan berarti anak laki-laki harus dididik dengan kekerasan. Mereka yang tumbuh dengan kekerasan, justru akan tumbuh menjadi terbiasa dengan kekerasan tersebut. Yang mana menyebabkan ia juga berperilaku kasar. Karena itu, anak harus dibimbing dengan penuh kasih sayang. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya