Sebagai seorang suami, sudah kewajibannya untuk memenuhi kewajibannya sebagai kepala rumah tangga. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah memenuhi hak yang seharusnya didapatkan dari suami. Apa saja sih hak-hak yang harus diterima oleh istri dalam rumah tangga? Bagi Anda yang beragama Islam, yuk simak sedikit penjelasan berikut.

Hak Istri Dalam Mendapatkan Bimbingan Sebaik-baiknya

Ketika sepasang lelaki dan wanita sudah diikat dalam hubungan suami istri, maka keduanya memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Salah satu hak yang diterima oleh istri adalah mendapatkan bimbingan terbaik dari suami. 

Itulah mengapa, Anda sebagai wanita diminta untuk selalu memperbaiki diri sebelum menerima kedatangan jodoh dari Allah SWT. Karena pasti Anda sudah sering mendengar bahwa jodoh kita adalah cerminan diri. Pastikan untuk taat kepada Allah SWT agar calon suami Anda nanti bisa menjadi imam yang baik dimana dapat membimbing Anda. 

Hak Mendapatkan Perlindungan yang Diberikan Suami

Selanjutnya, perlu Anda ketahui bahwa tugas seorang suami tidak hanya memberikan nafkah kepada sang istri saja. Melainkan juga memberikan perlindungan untuk keluarga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan, tidak hanya dari kejahatan dunia saja tapi juga dari bahaya menuju akhirat. Karena nantinya, yang berperan besar dalam membimbing keluarga untuk menuju Surga adalah suami. 

Hak Agar Diperlakukan Dengan Makruf

Sebelumnya, seorang wanita yang belum menikah menjadi tanggung jawab sepenuhnya orang tua. Tapi, setelah terjadi akad maka tanggung jawab tersebut dihibahkan kepada suaminya. Lalu, apa tuga suami ketika berumah tangga? Pastinya harus memperlakukan istri secara makruf. Artinya, segala kebutuhan dan keinginan alias nafkah harus terpenuhi dengan baik. 

Mulai dari kebutuhan makan, rumah tangga, dan keinginan istri lainnya selama masih dalam batas wajar. Tapi, jika keinginan sang istri berlebihan maka sebagai suami berhak untuk mengingatkan. Asalkan dengan cara yang halus dan tidak menyakiti hatinya. Karena, sudah kodratnya seorang istri mendapatkan bimbingan yang halus agar bisa menjadi makmum yang baik hingga meninggal dunia.

Hak untuk Diperlakukan Secara Adil

Kalau poin satu ini, khusus untuk suami yang memiliki istri lebih dari satu. Dari dulu hingga saat ini tidak jarang suami yang memutuskan untuk memiliki istri dua atau bahkan lebih. Karena Allah SWT memang telah mengizinkan. Tapi tetap dengan satu syarat yang harus terpenuhi, yaitu bisa bersikap adil. 

Jika Anda sebagai suami belum sanggup untuk bersikap adil maka sebaiknya tidak menikahi lebih dari satu istri. Karena, resiko yang ditakutkan adalah terjadinya masalah dan perpecahan dimana Allah SWT tidak menyukai hal itu. Perlu Anda ketahui bahwa bersikap adil itu bukan hal yang mudah. Baik dari menafkahi, memberikan perhatian, hingga memberikan bimbingan. 

Hak Mendapat Maaf Dari Suami

Melakukan kesalahan sudah terbilang manusiawi. Begitupun seorang wanita yang selalu membutuhkan bimbingan tentu ada saja kesalahan yang dilakukan. Lalu, apa tugas seorang suami? Mengingatkan dengan baik dan memaafkan. Karena, kesalahan pada istri itu dilihat dari bagaimana seorang suami membimbing keluarga. 

Apabila sebagai seorang pemimpin atau kepala rumah tangga saja tidak bisa memaafkan, maka akibat terbesarnya istri kehilangan pegangan. Kalau sudah begini, maka keluarga akan sulit dipertahankan. Coba kita lihat apa saja sih faktor penyebab terjadinya perceraian? Pastinya saling meninggikan ego masing-masing tanpa ada yang mengalah salah satunya. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya