Mencegah wabah penyakit merupakan kegiatan yang sudah seharusnya dilakukan. Namun, perlu ditekankan manakala manusia tidak dapat menolak takdir Allah. Apabila ternyata Allah telah menggariskan terjadinya sebuah wabah di bumi, maka akan terjadi sesuai kehendak Allah. 

Yang bisa dilakukan manusia adalah untuk senantiasa ikhtiar, berusaha dengan maksimal. Tidak boleh kemudian manusia hanya bermalas-malasan tidak peduli dengan yang lainnya. Sebab, pada hakikatnya tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Kemunculan wabah tentu akan berdampak pada seluruh umat manusia di bumi. 

Wabah Penyakit

Wabah penyakit merupakan terjadinya suatu jenis penyakit tertentu, yang dapat menyebar dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan wabah dapat menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Saat ini, dunia pun sedang dilanda wabah, yakni pandemi Covid-19.

Penularannya yang mudah melalui satu orang ke orang yang lainnya membuat pandemi Covid-19 mampu menyebar dalam waktu yang cepat. Untuk mencegah agar tidak tertular Covid-19 yang telah mewabah, sudah sepatutnya untuk selalu menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Kegiatan tersebut sama halnya dengan ikhtiar. Bersama para tenaga medis yang terus maju melawan pandemi, mari bersama-sama satukan tujuan untuk memukul mundur Covid-19. 

Teladan Dari Nabi Muhammad Untuk Mencegah Wabah Penyakit

Rasulullah SAW, junjungan umat Islam, telah memberikan teladan yang baik untuk mencegah terjadinya wabah. Beliau memberikan contoh untuk selalu hidup bersih. Rasulullah pun tidak lelah untuk selalu mengingatkan manusia dalam menjaga kebersihan. 

Ketika lingkungan dan diri sendiri bersih, maka hidup akan nyaman, serta dapat terhindar dari penyakit. Sebab, penyakit akan berkembang dalam lingkungan yang kotor. Yang mana setelah itu, penyakit tersebut dapat menjangkit manusia yang berada di sekitarnya. 

Maka dari itu, sebagaimana yang telah diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW, langkah yang tepat untuk melakukan pencegahan terhadap wabah tidak lain adalah untuk senantiasa tanpa lelah menjaga kesehatan. Bahkan, juga disampaikan apabila kebersihan itu sebagian dari iman. Pepatah bijak pun menyampaikan apabila kebersihan pangkal kesehatan. Karenanya, tidak boleh kemudian kebersihan diabaikan begitu saja. Dengan kata lain, hanya bermalas-malasan membiarkan diri sendiri dan lingkungan menjadi kotor. 

Berikhtiar Mencegah Wabah Penyakit dan Bertawakal Hanya kepada Allah

Semua penyakit berasal dari Allah, termasuk juga wabah penyakit. Dalam menghadapi wabah, manusia harus selalu berikhtiar, tidak boleh berputus asa begitu saja. Akan tetapi, manusia tidak boleh memaksakan kehendak kepada Allah. Sebab, hanya Allah Yang Maha Kuasa. 

Tidak ada seorang pun yang dapat menandingi Kuasa Allah. Manakala Allah telah berkehendak  terhadap sesuatu, maka akan terjadi. Oleh karena itu, meskipun telah berikhtiar, hasilnya harus tetap diserahkan kepada Allah. Rencana Allah pasti lebih indah daripada kehendak manusia. 

Sebagai makhluk ciptaan-Nya, sudah menjadi kewajiban manusia untuk selalu memanjatkan doa mengenai kesembuhan penyakit kepada Allah. Namun, semua kembali kepada Allah mengenai hasil akhirnya. Jadi, ikhtiar harus diiringi dengan sikap tawakal kepada Allah, tidak terkecuali dalam menghadapi wabah penyakit. 

Jangan Lupa Mematuhi Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda bumi telah menjadi wabah di seluruh dunia. Untuk memeranginya, manusia harus selalu berikhtiar. Salah satunya adalah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Namun, sekuat apapun usaha manusia, termasuk dalam mencegah wabah penyakit, hanya Allah yang berhak menentukan. Karena itu, harus berikhtiar sekaligus bertawakal terhadap apa yang diberikan Allah.


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya