Melalui tips mendidik anak perempuan, Anda menjadi bisa menuntun anak perempuan menjadi pribadi yang baik. Sebab, anak perempuan mempunyai karakteristik yang berbeda dari anak laki-laki. Karena itu, cara mendidik keduanya pun berbeda. Tidak boleh disamakan antara anak perempuan dengan anak laki-laki. 

Cara Rasulullah Mendidik Anak Perempuan 

Rasulullah telah mengajarkan cara mendidik anak perempuan dengan sangat baik. Tauladan mendidik anak perempuan yang telah Rasulullah bisa dijadikan sebagai contoh yang paling tepat. Cara Rasulullah mendidik anak perempuan merupakan panutan paling baik untuk umat islam. Berikut cara Rasulullah mendidik anak perempuan:

Mengajarkan Doa-Doa Harian

Dengan mengajarkan doa-doa harian, anak akan menjadi terbiasa untuk berdoa sebelum melakukan sesuatu. Misalnya, ketika Anda selalu mengajarkan anak untuk berdoa sebelum makan, mereka cenderung menjadi terbiasa untuk selalu berdoa sebelum makan. Mereka pun menjadi bisa melafalkan doa-doa harian secara benar. Yang mana, umat Islam disunnahkan untuk senantiasa berdoa sebelum melakukan suatu kegiatan. 

Mengajarkan Ilmu Tauhid Mengenai Konsep Ketuhanan

Yang tidak kalah pentingnya adalah untuk mengajarkan ilmu tauhid kepada anak. Ilmu tauhid berisikan konsep ketuhanan. Anak harus diajarkan untuk iman kepada Allah. Juga mengenai konsep ketuhanan lainnya, yang harus ditanamkan kepada anak. 

Tips Mendidik Anak Perempuan dalam Islam

Dalam Islam, orang tua harus membimbing anaknya untuk mempunyai akhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Sebaiknya, orang tua selalu mencerminkan nilai-nilai yang bersifat positif, sehingga dapat dicontoh oleh anak. Sebagai contoh, mengenai kesopanan. Saat sedang berinteraksi dengan orang yang umurnya lebih tua, anak harus diajarkan untuk senantiasa sopan. Baik dalam bertutur kata maupun berperilaku. 

Mereka harus dituntun untuk menghargai orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih kecil. Dengan begitu, anak akan tumbuh dengan penuh ikatan kekeluargaan. Yang nantinya menjadikan anak, baik laki-laki maupun perempuan, mampu menempatkan diri dengan baik dalam masyarakat. 

Selain itu, kejujuran juga merupakan sikap yang penting untuk diajarkan kepada anak. Ketika ia terbiasa untuk jujur, maka ia akan merasa bersalah saat berbohong. Dengan demikian, ia tidak akan selalu jujur dalam berkata-kata, tidak berdusta, apalagi yang berujung fitnah. 

Tips Mendidik Anak Perempuan Remaja

Manakala seorang anak perempuan telah menginjak remaja, Anda harus mengajarkan mengenai pentingnya menjaga diri. Artinya, mereka harus mengerti batasan pergaulan terhadap yang jenis kelaminnya berbeda. Dalam hal ini, pergaulan anak perempuan dengan anak laki-laki. 

Anak perempuan yang sudah remaja pun akan mengalami pubertas. Anda harus menuntun mereka dalam menghadapi masa pubertas tersebut. Misalnya, dengan memberi tahu mengenai haid serta cara bersuci setelah haid. Dengan hal tersebut, anak perempuan menjadi mengerti bagaimana cara yang tepat untuk menyikapi pubertas. 

Sebaiknya Tidak Terlalu Keras dalam Mendidik Anak Perempuan

Meskipun telah ada kesetaraan gender, bukan berarti seorang perempuan harus dibentuk menjadi pribadi yang sangat kuat melebihi laki-laki. Mengapa demikian? Karena kodrat seorang perempuan adalah untuk menjadi seorang istri, sedangkan laki-laki adalah imamnya. Sudah menjadi kewajiban istri untuk mengikuti imamnya dalam hal yang baik. Tidak boleh kemudian istri mengambil alih peran suami sebagai seorang imam. 

Tips mendidik anak perempuan yang tidak kalah pentingnya adalah jangan terlalu keras terhadap anak perempuan. Perempuan yang merupakan tulang rusuk laki-laki, akan patah manakala dididik terlalu keras. Tulang pun akan menjadi rentan manakala diperlakukan dengan terlalu halus. Karenanya, Anda harus mendidik dengan tepat. Bukan dengan cara yang terlalu keras maupun terlampau lemah. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya