Adanya tanaman di halaman pasti akan menambah nilai keindahan rumah. Terdapat banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih. Tergantung pada apa tujuan Anda dalam menanamnya, apakah untuk hiasan semata atau yang memiliki manfaat. Sebagian besar orang pasti akan cenderung memilih yang memiliki manfaat juga, karena akan lebih menarik dan sesuai dengan anjuran agama Islam. 

Terdapat banyak tanaman obat herbal yang bisa Anda pilih, dimana memiliki khasiat yang luar biasa berdasarkan Al Qur’an dan Hadis. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut beberapa yang bisa dipilih.

Jintan yang Khasiatnya Belum Banyak Diketahui

Sesuai dengan HR. Abu Hurairah yang menenangkan bahwa Rasulullah SAW pernah menerangkan sabdanya tentang tanaman herbal satu ini. Jintan hitam atau yang dikenal dalam Islam habbatussauda mampu menyembuhkan segala jenis penyakit. Tapi bukan berarti mencegah manusia dari kematian yang sudah menjadi takdir Allah SWT. 

Tapi, kesembuhan yang diberikan oleh Sang Pencipta melalui tanaman herbal habbatussauda mampu membantu Anda mengobati penyakit.

Kurma Dianjurkan Sebagai Menu Buka Puasa

Siapa yang tidak mengetahui buah kurma? Buah manis yang selalu menemani bulan Ramadhan seluruh umat muslim. Kebiasaan seperti ini merupakan teladan dari Rasulullah SAW yang sangat menyukai buah kurma sebagai menu buka puasa. Pembahasan mengenai buah satu ini terdapat pada QS Maryam ayat 25-26 serta HR. Ahmad dan Tirmidzi. 

Beberapa manfaatnya adalah mengobati darah tinggi mengobati infeksi, mencegah terjadinya stroke dan mampu mengobati infeksi. 

Minyak Zaitun dengan Berbagai Khasiat

Selanjutnya, ada minyak zaitun yang sudah dipercaya memiliki banyak khasiat baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Karena memang didalamnya memiliki kandungan vitamin A, B, C dan sejumlah gizi positif lainnya. Berbagai penyakit yang dapat diobati dengan minyak zaitun adalah kolesterol dan bahkan kanker. 

Bagi Anda yang menanyakan bukti dari khasiatnya maka bisa dilihat dari QS At-Tin ayat 1-3 , An Nur ayat 35 serta Al-Mu’minun ayat 20. Disana Allah SWT sudah menyampaikan semua hal tentang minyak zaitun agar seluruh umat manusia mengetahuinya.

Labu Sebagai Obat Hati yang Sedih

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ternyata labu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Bahkan bisa juga mengobati hati yang sedih seperti hadis Nabi Muhammad SAW mengenai hal tersebut. Kandungan didalamnya adalah serat, vitamin A, C, karbohidrat, mineral, lemak hingga betakaroten.

Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mengolah labu menjadi berbagai resep yang pastinya lezat. Jadi, keluarga pun akan menyukai buah ini dengan terus mengkonsumsinya. 

Lidah Buaya Tidak Hanya untuk Kecantikan Saja

Terakhir, ada lidah buaya alias aloe vera yang memiliki khasiat kecantikan maupun kesehatan. Hampir semua orang sudah mengetahui tanaman ini begitupun khasiatnya. Untuk anjuran penggunaan lidah buaya sudah disampaikan pada hadis Rasulullah SAW yang telah diriwayatkan oleh HR. Muslim tepatnya dari Utsman Bin Affan. 

Bahkan, karena memang terbukti khasiatnya sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan produk berbahan tanaman herbal ini. Anda pasti sudah menjadi salah satu penggunanya. Tampil cantik dan sehat memang harus seimbang agar menjadi muslim dan muslimah yang kuat sesuai anjuran Islam pada Al Qur’an dan Hadis.

Dari beberapa dari banyak tanaman herbal tersebut bisa Anda tanam di kebun atau halaman rumah saja. Bisa disesuaikan dengan seberapa luas yang dimiliki agar terlihat indah dan enak dipandang.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya