Sebagai umat Islam, mungkin masih banyak diantara kita yang belum mengetahui tentang wafatnya Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW ini memang wafat bukan karena sakit yang baru saja beliau rasakan. Melainkan beliau wafat karena diracuni oleh salah satu wanita Yahudi yang kemudian meninggal dunia empat tahun setelahnya. Bagi Anda yang belum mengetahui kisah tentang keracunannya Rasul, yuk simak kisah singkat berikut. 

Diawali Kekalahan Yahudi dalam Peristiwa Perang

Peristiwa ini diawali dengan terjadinya perang Khaibar antara Rasulullah SAW dengan para Yahudi. Dimana waktu itu Rasul berhasil menembus benteng Yahudi yang ada di Khaibar dan memenangkan perang. Akibat kemenangan pihak Rasul, beberapa orang Yahudi merasa tidak terima dengan kekalahannya. Salah satu orang Yahudi yang tidak terima atas kekalahan adalah seorang wanita. 

Kemudian, wanita ini memiliki ide untuk meracuni Rasulullah SAW dengan mencari tahu makanan apa yang disukai oleh beliau. Ketika sudah mengetahui bahwa beliau menyukai daging kambing terutama bagian paha depan. Akhirnya wanita Yahudi ini segera membeli makanan kesukaan Rasul. 

Wanita Yahudi yang Memberikan Paha Kambing Beracun

Setelah mendapatkan paha kambing, tanpa berpikir panjang salah satu wanita Yahudi segera memberikannya racun. Kemudian ia menyiapkan sebanyak 1400 daging kambing yang akan diberikan kepada Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Pemberian hadiah ini diberikan dengan alibi kemenangan pihak Islam.

Tapi, salah satu hal yang membuat beberapa orang saat itu bingung adalah mengapa yang mendapatkan paha kambing hanya Rasul? Sedangkan para sahabat mendapatkan bagian daging kambing semua. Namun, karena ajaran agama Islam mengajarkan husnudzon akhirnya Rasul dan sahabat menganggap bahwa tidak ada maksud dari perbedaan hadiah ini. Akhirnya, Rasulullah SAW dan para sahabat memutuskan untuk segera menyantap hadiah pemberian salah satu wanita Yahudi. 

Namun, ketika hendak memakan satu suap paha kambing, atas izin Allah SWT bagian paha tersebut berbicara kepada Rasulullah SAW. Hal yang dikatakan adalah soal racun yang ada pada paha dan daging kambing tersebut. Ketika mendengar hal tersebut, akhirnya Rasulullah SAW segera mengingatkan para sahabatnya agar tidak memakan daging kambing tersebut. 

Rasulullah SAW Memanggil Orang Yahudi yang Memberikan Daging Beracun

Setelah mengetahui hal ini, akhirnya Rasulullah SAW memerintahkan para sahabatnya untuk memanggil semua pendeta Yahudi yang ada di area perang tersebut. Ketika semua kaum Yahudi sudah berkumpul, akhirnya beliau menanyakan kejujuran para kaum yang bahwasnanya sangat suka berdusta. Saat itu, banyak pertanyaan simpel yang diutarakan Rasulullah kepada para kaum Yahudi. Hingga akhirnya Rasul menanyakan sola racun yang diberikan oleh pihak Yahudi kepada dirinya dan para sahabat.

Para pendeta pun menjawab dengan jujur bahwa memang yang meletakkan racun adalah pihaknya. Alasan memberikan Rasul racun adalah ingin melihat bukti kenabian beliau. Jika dipikir secara logika, memang hal ini sangat aneh karena paha kambing tidak mungkin bisa berbicara. Tapi, ternyata atas izin Allah SWT, rasul dan para sahabat dapat terlindungi.

Rasulullah SAW Merasakan Sakit Akibat Racun Hingga Wafat

Meskipun tidak ada efek secara langsung, tapi Rasulullah SAW merasa bahwa sedikit makanan beracun itu sempat menempel dalam mulutnya. Beliau mengatakan kepada Aisyah bahwa efek dari racun tersebut sungguh menyakitkan. Rasanya seperti urat nadi disayat-sayat oleh racun tersebut. Karena hal ini, akhirnya beliau merasakan sakit selama empat tahun hingga akhirnya wafat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya