Sehat adalah salah satu nikmat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT namun seringkali dilalaikan manusia. Sebagian besar manusia hanya menyadari bahwa dirinya bisa melakukan segala aktivitas itu karena Allah SWT yang memberikan kesehatan jasmani dan rohani. Mustahil jika Sang Pencipta tak memberikan kebaikan pada umatNya namun tetap bisa melakukan banyak hal. 

Bagi Anda yang masih belum bisa bersyukur, yuk bersama-sama belajar untuk berterima kasih kepada Allah SWT karena telah diberikan nikmat terbesar. Berikut sedikit ulasan yang mungkin mampu meningkatkan iman dan taqwa kita dengan bersyukur. 

Nikmatnya Rasa Syukur dengan Terus Beribadah

Salah satu cara menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT dengan terus beribadah dan berdoa kepadaNya. Dua hal tersebut sudah menjadi kebiasaan Rasulullah SAW ketika mendapatkan nikmat sehat dan rezeki yang diberikan oleh Sang Pencipta. Bahkan, Allah SWT sudah mewajibkan semua hambaNya agar terus meningkatkan ibadah. 

Jika kita sudah membiasakan untuk bersyukur, maka melakukan hal tersebut setiap saat adalah suatu kenikmatan. Kesehatan jasmani dan rohani lebih mahal harganya dibandingkan harta di dunia seisinya. Jadi, Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas rutin termasuk mencari uang jika tidak diberi kesehatan.

Sebagian Besar Masyarakat Lalai Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT

Sayangnya, semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula orang yang melupakan semua yang diberikan oleh Tuhannya. Meskipun sebenarnya manusialah yang membutuhkan pertolongan dan kasih sayang Allah SWT. Tapi upaya kita dalam mendapatkan ridhoNya dengan selalu mengingat bahwa semua ini bisa dilakukan hanya karena rahmatNya. 

Jangan sampai menjadi orang yang lalai dan seolah merasa dirinya sudah menjadi manusia yang hebat. Padahal semua di dunia ini hanyalah titipan, hidup dan mati ada di tangan Allah SWT. Manusia tidak bisa berbuat apa-apa ketika Tuhan sudah menentukan takdir dengan memberikan sakit dan bahkan meninggal dunia. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan kenikmatan di dunia saat ini dengan memperbanyak amal perbuatan.

Bagaimana Sih Cara Bersyukur Kepada Allah SWT?

Bagi Anda yang belum terbiasa untuk bersyukur memang sedikit lebih sulit. Tapi, semua itu bisa dilatih dengan melakukan beberapa cara berikut :

  1. Memahami dengan baik semua hal tentang bersyukur serta manfaatnya jika kita membiasakan untuk melakukannya. 
  2. Berusaha untuk selalu mengingat bahwa syukur itu memang perlu.
  3. Menyadari bahwa nikmat kesehatan itu memang datangnya hanya dari Allah SWT.
  4. Terus bersyukur karena masih bisa melakukan banyak hal termasuk berbicara, ibadah, bekerja, dan masih banyak lagi.
  5. Lebih giat dalam melakukan semua hal karena Allah SWT memberikan kesehatan jasmani dan rohani. Artinya, kita harus buang jauh-jauh rasa malas yang tiba-tiba menghampiri. 

Rasa Syukur Menandakan Bahwa Anda Percaya Allah SWT Memang Ada

Beberapa orang masih ada saja yang ragu bahwa Allah SWT itu ada. Itulah salah satu bukti bahwa orang tersebut kurang bersyukur. Jika orang tersebut merasa dirinya bisa melakukan banyak hal karena kehebatan diri. Kepercayaan kepada Allah SWT tumbuh jika Anda sudah merasa yakin tidak akan bisa melakukan semuanya tanpa adanya Maha Agung. 

Yuk menjadi umat muslim yang menjunjung tinggi rasa cinta kepada Allah SWT dan RasulNya. Karena adanya kita di dunia juga karena kehendakNya, sehingga berkesempatan untuk menikmati dunia yang indah namun penuh dengan godaan. Iman dan taqwa itulah yang menguatkan iman kita sedang bersyukur membuat kita terus mengingat Allah SWT. 


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya