Di dunia, terdapat banyak sekali museum yang menyimpan berbagi sejarah Islam. Tujuan adanya tempat seperti ini adalah untuk tempat bernostalgia siapapun pengunjung yang ingin mengetahui tentang agama penuh cinta ini. Terutama umat muslim sendiri pastinya harus mengetahui sejarahnya melalui tempat bermemori seperti ini. Tapi, apakah Anda sudah pernah mengunjungi museum sejarah Islam paling megah yang ada di dunia? Jika belum, mungkin ulasan berikut bisa memberikan Anda gambaran untuk merencanakan pergi ke sana ketika memiliki kesempatan.

Prophet Mohammad Museum di Yordania

Museum yang berlokasi di Yordania ini bertempat di Masjid Raja Hussein, Amman. Prophet Mohammad Museum ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dimana di dalamnya terdapat beberapa barang milik Rasulullah SAW. Salah satunya adalah sehelai rambut janggut yang dilengkapi dengan surat yang diperuntukkan kepada kaisar Byzantium. Pada surat tersebut, Rasulullah SAW mendesak agar kaisar tersebut mau untuk masuk Islam. 

Terdapat juga pajangan yang tak kalah menarik, yaitu anakan pohon dimana dahulu dijadikan tempat Muhammad untuk beristirahat. Tepatnya ketika beliau melakukan perjalanan ke Leavent untuk perdagangan. Sudah banyak orang muslim dari berbagai negara yang telah mengunjungi tempat ini. 

Aga Khan Museum di Kanada

Selanjutnya, ada museum Aga Khan yang terletak di Toronto, Kanada. Terdapat perpaduan seni antara Islam dan Iran di dalamnya. Dengan demikian dapat memberikan kesan yang luar biasa untuk para pengunjung. Bahkan, sebagian besar orang menyebut museum ini sebagai rumah koleksi seni yang mencakup warisan Islam. Beberapa barang dari semua periode sejarah Islam tersimpan baik disini. 

Tidak terkecuali, koleksi pribadi milik Yang Mulia Aga Khan, Pangeran dan Putri Sadruddin Aga Khan, serta Institut Studi Islam yang ada di London. Ada yang berbentuk keramik, lukisan, hingga logam sehingga semua orang yang mengunjungi akan berdecak kagum. 

Museum of Islamic Art di Kairo

Siapa yang tidak mengetahui ibukota Mesir satu ini yang memang terkenal akan peradabannya. Bahkan Museum of Islamic Art ini sudah dianggap menjadi tempat menyimpan sejarah Islam terlengkap yang ada di dunia ini. Sudah terdapat sekitar 100 ribu artefak yang tersimpan di dalamnya sehingga mampu menarik banyak orang untuk mengunjunginya. 

Mulai dari manuskrip langka Al Qur’an, keramik, logam hingga pajangan tekstil yang mampu membuat semua orang penasaran mengetahui bentuknya. 

Pergamon Museum di Berlin

Kemudian ada museum yang berada di Berlin, Jerman yang sudah di bangun pada tahun 1910. Museum yang megah ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Museum Seni Islam dan Museum Timur Tengah. Tempat yang menyimpan banyak sejarah ini mendapatkan pengunjung sedikitnya sekitar satu juta setiap harinya. Karena memang terdapat artefak sejak abad ke-8 hingga 19 yang asalnya dari Spanyol dan India. 

Louvre Abu Dhabi yang Tampak Megah

Terakhir, ada Louvre Abu Dhabi yang bangunannya hasil dari desain modern dengan kuno. Dengan demikian mampu menghasilkan museum yang megah dan berbagai barang Islam peninggalan pada abad ke-9 dan seterusnya. Koleksi karya seni yang luar biasa dapat Anda lihat disini sehingga mengetahui betapa indahnya peninggalan di masa lampau.  

Setelah mengetahui segala informasi dari ulasan singkat di atas, pasti Anda berkeinginan untuk pergi kesana. Anda bisa merencanakan pergi bersama keluarga, saudara, atau teman sehingga dapat bersama-sama mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah di masa lampau.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya