Memiliki keluarga yang harmonis menandakan ketentraman dalam kehidupan rumah tangga. Tapi, bukan berarti sepanjang hidup tidak akan menemui masalah satupun. Mereka yang terkenal harmonis sama dengan pasangan atau keluarga lainnya, dimana banyak menemui masalah. Hanya saja, mereka bisa pandai menyikapinya dan mencari jalan keluar bersama dengan baik. 

Meskipun tidak mudah untuk bisa mendapatkan kondisi keluarga yang berjalan mulus, tapi ada banyak cara agar bisa memiliki keluarga harmonis.  Salah satunya dengan meneladani inspirasi dari keluarga Iman. Disini, akan dibahas apa saja sih inti yang perlu dilakukan agar memiliki keluarga harmonis? Yuk simak penjelasan singkat berikut.

Pasangan Suami Istri yang Kompak

Agar bisa mendapatkan generasi terbaik, maka kekompakan adalah hal paling utama. Sebuah keluarga dapat dimuliakan oleh Allah SWT jika tidak membangun tarbiyah saja. Melainkan pasangan suami istri juga harus kompak dalam menghiasi bingkai sakinah, mawaddah, dan rahmah. 

Kekompakan bisa didapatkan dengan menyatukan bagaimana keluarga yang akan dijalankan kedepannya. Selain itu, pasangan suami istri juga harus berunding tentang bagaimana rencana untuk mendidik anak dari kecil hingga dewasa. Karena, anak adalah titipan Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat sebaik-baiknya. 

Jadi, kekompakan yang dibicarakan disini adalah mengenai kehidupan berumah tangga agar bisa mendapatkan keluarga harmonis. Itulah mengapa dalam memilih pasangan yang baik Anda harus memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu. 

Sebagai Suami Menyediakan Tempat Terbaik untuk Keluarga

Sebagai seorang suami, sudah menjadi kewajiban untuk menyediakan segala kebutuhan keluarga dengan baik. Mulai dari tempat tinggal, nafkah, hingga pemenuhan kebutuhan ibadah. Seperti yang sudah dilakukan oleh Imran dimana beliau memberikan tempat terbaik untuk Maryam agar bisa beribadah dengan baik. Nama tempat ibadahnya ini berupa Mihrab yang memang dibuat secara khusus.

Karena, ibadah merupakan kunci utama agar kebutuhan lainnya dapat terpenuhi dengan mudah. Ibadah ini sendiri memang ditujukan khusus hanya untuk Allah SWT sebagai tempat mengadu dan meminta.  

Memilihkan Guru Terbaik untuk Anak

Selain tempat ibadah, guru juga dibutuhkan untuk mendidik si anak. Karena, dalam mengajarkan semua hal positif tidak hanya bisa mengandalkan orang tua saja. Asalkan Anda sebagai orang tua harus bisa mendapatkan guru yang terbaik untuk anak. Soal pendidikan sejak dini ini sangat penting sebagai bekal hingga masa tua. Terutama untuk membiasakan dan mengajarkan anak yang berkenaan dengan akhlak kepada orang tua. 

Ketaatan kepada orang tua sudah menjadi perintah Allah SWT agar bisa mendapatkan ridhoNya. Jadi akhlak dan kecerdasan harus berjalan seimbang sehingga kesuksesan dunia dan akhirat akan mudah didapatkan. Oleh karena itu, pastikan mendapatkan guru terbaik untuk anak agar bisa menyeimbangkan apa yang harus dikejar dunia dan di akhirat.

Mengenalkan Kebaikan Kepada Anak Sejak Dalam Kandungan

Jika Anda sebagai orang tua yang ingin memiliki anak dengan kebiasaan baik, maka kenalkan kebiasaan tersebut sejak dalam kandungan. Seperti dalam pernikahan Imran dan Hannah yang senantiasa meminta kepada Allah SWT agar anak yang dilahirkan mendapatkan taufik dan menjadi salah satu hamba terpilih. 

Selain meminta, pasangan suami istri yang harmonis ini selalu menjalankan ketaatan kepada Allah SWT agar mendapatkan bimbingan. Jika sejak dalam kandungan anak ini sudah dibiasakan untuk diajak taat, maka kemungkinan besar ketika sudah lahir dia akan menjadi anak yang taat pula. Oleh karena itu, mari bersama-sama membangun keluarga yang harmonis seperti Rasulullah SAW, Imran dan teladan lainnya. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya