Menjaga kesehatan memang adalah suatu kewajiban bagi seluruh umat manusia terutama yang beragama Islam. Terdapat beberapa olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena dipercaya memang baik untuk kesehatan. Tubuh yang sehat dan kuat membuat Anda bisa lancar dalam melakukan semua aktivitas termasuk beribadah. 

Kesehatan yang dimaksud disini adalah fisik, otak dan organ dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja olahraga anjuran Rasulullah SAW simak ulasan berikut.

Olahraga Memanah yang Sudah Mulai Sedikit Peminatnya

Olahraga pertama yang harus Anda ketahui adalah memanah dimana siapapun dituntut untuk berkonsentrasi dan memanah secara tangkas agar tepat sasaran. Dengan melaksanakan olahraga ini maka Anda dapat memiliki kekuatan fisik sehingga tidak mudah terserang penyakit. Karena, penyakit akan mudah menyerang orang-orang yang memiliki fisik lemah. 

Sebenarnya, olahraga ini tidak hanya untuk kebaikan kesehatan saja melainkan juga melindungi diri dari musuh. Tidak heran jika olahraga ini sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat. 

Olahraga Berkuda Baik untuk Kesehatan Fisik

Selain memanah, olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah berkuda. Olahraga ini membutuhkan insting yang kuat karena harus memiliki hubungan yang baik dengan hewan. Bahkan berkuda ini sudah menjadi olahraga nasional yang terdapat banyak sekali kompetisi. 

Kita bisa melihat di sebagian besar perguruan tinggi yang ada di Indonesia sudah menyediakan ekstrakurikuler berkuda. Butuh keberanian yang kuat untuk bisa membiasakan diri dengan olahraga penuh tantangan ini. Sesekali dalam berlatih akan mengalami kecelakaan seperti jatuh kemudian cedera. Itulah mengapa butuh keberanian untuk bisa melakukan olahraga berkuda.

Jalan Cepat yang Disukai Rasulullah SAW

Pasti sebagian besar orang belum mengetahuinya bahwa jalan cepat juga termasuk olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sahabat mengatakan bahwa Rasul selalu berjalan sangat cepat seperti sedang berada di jalan menurun. Karena terlalu cepat, sesekali para sahabat merasa kesulitan jika harus menyeimbangkan langkah beliau. 

Meskipun tidak banyak orang yang terbiasa jalan cepat, waktu itu Rasul tidak memperdulikannya. Hingga saat ini pun jalan cepat juga tidak menjadi kebiasaan, apalagi untuk diperkenalkan sebagai golongan olahraga. 

Berenang Memiliki Banyak Manfaat

Selanjutnya, ada olahraga air yaitu berenang yang memang dikenal memiliki banyak manfaat. Bisa digunakan sebagai upaya diet, meninggikan badan, menjaga semua organ tubuh agar bekerja dengan baik, dan masih banyak lagi. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa berenang, memanah dan berkuda bukanlah kebiasaan yang sia-sia. 

Tapi memiliki manfaat pada setiap gerakan dan teknik melakukannya. Karena memang menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan, tidak sedikit orang tua yang melatih si anak untuk berenang sejak usia dini. Bahkan, bayi pun sudah ada yang dilatih dalam air sehingga kemampuan tersebut dapat berkembang hingga dirinya dewasa.

Berlari sebagai Olahraga yang Praktis

Terakhir, ada olahraga yang praktis dan mudah sekali dilakukan yaitu berlari. Sebenarnya, olahraga satu ini sama dengan jalan cepat yang tidak membutuhkan bantuan alat apapun. Mungkin hanya membutuhkan medan yang cocok jaraknya untuk berolahraga agar tidak terlalu capek dan cukup meningkatkan kesehatan tubuh.

Waktu berlari yang bagus adalah pagi atau sore hari asalkan tidak ada terik sinar matahari. Semua orang sebenarnya tidak akan keberatan untuk melakukan olahraga ini agar tetap bugar. Untuk waktu pun tidak ada ketentuannya sehingga semua itu tergantung pada kemampuan Anda.

1Komentar

  1. Jalan cepat dan berlari adalah olahraga murah meriah tanpa repot yang bisa kita lakukan tiap hari.

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya