Hadist tentang kesehatan menjadi salah satu pedoman umat Islam untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi baik, hingga kebiasaan sehari-hari. Rasulullah selalu mencontohkan untuk tidak meninggalkan hidup sehat. 

Dalam sebuah pepatah pun dikatakan jika di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Terlebih, kondisi di tengah wabah seperti sekarang ini, mengharuskan seluruh masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Hadist Tentang Kesehatan Lima Fitrah Manusia

Dalam hadist riwayat Imam Bukhari nomor 5891 serta hadist muslim nomor 258, telah disebutkan bahwa Rasulullah telah bersabda mengenai lima fitrah manusia. Fitrah yang harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Setiap manusia, terutama umat muslim tidak boleh hanya mengabaikan tanpa merawat kelima fitrah tersebut. 

Apa saja lima fitrah yang disabdakan Rasulullah? Yaitu mencabut bulu yang terdapat pada ketiak, memotong rambut kumis, memotong kuku yang sudah panjang, mencukur bulu yang berada di kemaluan, serta khitan. Ketika lima fitrah tersebut dijaga dan dirawat, maka kesehatan bisa terjaga. 

Sebagai contoh, kuku panjang yang tidak dipotong justru akan mendatangkan kuman. Yang mana saat kuman tersebut masuk ke dalam tubuh justru bisa mendatangkan penyakit. Karena itu, berlandaskan hadist untuk menjaga fitrah manusia, jangan pernah lalai untuk menjaga kesehatan Anda.

Hadist Tentang Kesehatan dan Kebersihan

Dalam HR. Al- Bukhari nomor 2989, telah dijelaskan bahwa kebersihan merupakan sarana untuk mewujudkan kesehatan. Tanpa lingkungan yang bersih, kesehatan akan terganggu. Sebab, kuman lebih suka bersarang pada tempat-tempat yang kotor. 

Karena itu, bersihkan lingkungan Anda dari kotoran, sehingga bisa menjadi bersih. Kebersihan bagian dari iman, sekaligus akan mengantarkan pada hidup sehat. Selain itu, kebersihan lingkungan juga akan membuat Anda nyaman untuk berada di sekitarnya.

Hadist yang Menganjurkan Untuk Menggosok Gigi

Diriwayatkan dari HR. An Nasa'i, Ahmad, dll, Aisyah Radhiyallahu 'anha pernah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda jika bersiwak akan membuat mulut menjadi bersih, sehingga diridhai oleh Allah. 

Hal tersebut sangat jelas menunjukkan bahwa dengan menggosok gigi secara teratur, mulut Anda akan menjadi bersih. Juga diridhai oleh Allah. Dimulai dari kebersihan, akan berpangkal pada kesehatan jiwa dan raga. Maka dari itu, jangan malas ya untuk menggosok gigi. Selain bersih, gigi Anda juga bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Anjuran Supaya Umat Islam Berobat Jika Sakit

Dalam HR. Abu Dawud, diuraikan bahwa Rasulullah pernah bersabda apabila Allah tidak akan memberikan penyakit tanpa melengkapinya dengan obat. Kecuali untuk suatu penyakit  khusus, yakni usia tua. Obat tersebut bisa diperoleh melalui medis. 

Kehadiran medis merupakan salah satu ikhtiar agar manusia senantiasa hidup sehat. Namun, semua adalah kuasa Allah. Ketika Allah menghendaki, apapun bisa terjadi. Akan tetapi, pasrah dan pesimis bukanlah sikap yang baik, sehingga manusia dianjurkan untuk berikhtiar ketika sakit, melalui pengobatan medis.

Hadist yang Mengajarkan Untuk Tidak Makan Berlebihan

HR. Ahmad dan At-tirmidzi, meriwayatkan jika Rasulullah pernah bersabda untuk tidak mengisi wadah melebihi kapasitasnya. Sama halnya dengan perut. Makanlah secukupnya, berhentilah makan ketika sudah kenyang. Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

Dalam uraian di atas, telah disebutkan lima hadist tentang kesehatan. Sudah jelas diriwayatkan, bahwa Rasulullah menganjurkan umat islam untuk mempunyai pola hidup sehat. Jadi, sebagai umat Islam sudah seharusnya mengamalkan hal tersebut.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya