Dalam sebuah rumah tangga pasti ada saja masalah yang terjadi. Dimana pasangan suami istri harus bisa menghadapinya dengan baik dan bijak. Terutama dalam Islam pernikahan adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Terdapat segudang pahala dalam perjalanan rumah tangga yang mudah didapatkan oleh suami maupun istri.

Jangan sampai jika terjadi suatu masalah menerpa rumah tangga Anda, kemudian memutuskan untuk menceritakannya kepada sembarang orang. Hal ini tentu tidak akan membuat beban masalah Anda dengan pasangan selesai, justru dapat memperbesar masalah yang ada. 

Dapatkan Pahala dengan Menyelesaikan Masalah Rumah Tangga Secara Baik

Meskipun sebenarnya tidak masalah jika Anda menceritakan permasalahan yang terjadi kepada teman atau orang lain karena merasa jengkel. Bahkan, Fatimah pun juga pernah menceritakan masalah rumah tangganya kepada Rasulullah SAW ketika didatangi. Tapi, bagaimana sih sesungguhnya hukum mengenai hal ini?

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa Allah SWT menjanjikan pahala kepada seluruh umatnya yang mampu menyelesaikan masalah rumah tangganya dengan baik. Karena pada dasarnya rumah tangga yang terjalin sejak akad sehingga sepanjang hidupnya akan menemui berbagai konflik. 

Tapi, jika dipikirkan secara logika, suatu masalah tidak akan ditemui ujungnya jika tidak diselesaikan dengan baik dan dalam keadaan kepala dingin. Sesekali orang lebih memilih untuk pergi menghindari masalah. Padahal yang dianjurkan dalam menyelesaikan masalah adalah menenangkan diri untuk merenungkan masalah dan segera menyelesaikannya. Jika cara seperti ini diterapkan, maka rumah tangga dapat berjalan baik.

Jangan Ceritakan Masalah Rumah Tangga Pada Sembarang Orang

Meskipun diperbolehkan untuk menceritakan masalah rumah tangga karena jengkel, tapi jangan sampai Anda menceritakannya kepada sembarang orang. Pastikan tempat Anda bercerita itu memang bisa benar-benar menyimpan rahasia dan mampu menjadi pihak netral. Karena jika salah mempercayakan kepada orang yang suka provokasi maka tidak menutup kemungkinan masalah akan semakin besar.

Satu hal yang terpenting adalah Anda harus yakin bahwa semua masalah pasti dapat diatasi dengan baik. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang disampaikan oleh Abu Hurairah, dimana sebenarnya setiap musibah yang menimpa umat muslim merupakan sebab pengampunan dosa. 

Musibah yang dimaksud dapat berupa sakit, rasa capek, bingung, resah, sedih, dan gangguan yang mendalam. Semua ini sengaja diberikan oleh Allah SWT agar Anda dapat melatih rasa sabar dan menjadi bijak dalam menghadapinya.

Rahasia Rumah Tangga yang Terbilang Penting Tak Perlu Diceritakan

Tidak semua masalah rumah tangga dapat diceraikan kepada orang lain. Terdapat beberapa masalah yang harus dijadikan rahasia dalam rumah tangga itu sendiri saja. Allah SWT pun pernah berfirman pada QS. Ali Imran:159 yang isinya menjelaskan mengenai musyawarah dengan orang yang ada pada urusan tersebut. 

Salah satu masalah yang tidak boleh diceritakan kepada orang lain adalah persoalan ranjang. Karena keburukan dan kebaikan dalam persoalan ini adalah rahasia dari sepasang suami istri saja. Jangankan teman, saudara dekat saja tidak boleh ikut campur perihal ini. 

Hanya Allah SWT Tempat Mengadu Terbaik

Salah satu tempat mengadu terbaik hanyalah Allah SWT. Karena hanya Maha Agung yang bisa membantu semua kesulitan para hambaNya dengan baik. Mengerti apa yang dibutuhkan oleh manusia dibandingkan apa yang diinginkan manusia  adalah hal terpenting dalam menjalani hidup. 

Jika sebagai umat manusia kita selalu mengadu kesenangan, kesedihan, amarah dan sebagainya hanya kepada Allah SWT, maka senantiasa hidup akan menjadi lebih ringan. Semua ini pastinya tidak lepas dari ibadah wajib dan sunnah harus seimbang agar Allah SWT memudahkan hidup kita. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya