Dalam Al-Qur'an, telah disebutkan ayat-ayat tentang kesehatan. Yang mana ini menjadi penegas bahwa sudah seharusnya manusia, sebagai khalifah di muka bumi, untuk selalu menjaga kesehatan. Firman Allah dalam Al-Qur'an merupakan petunjuk yang paling tepat. 

Jangan menyia-nyiakan kesehatan, sebab sehat adalah anugerah yang luar biasa.  Di bawah ini akan dikupas lengkap mengenai ayat tentang kesehatan. Langsung saja, berikut uraiannya:

Kandungan Ayat 185 Surah Al-Baqarah

Dalam ayat ini, dijelaskan bahwa orang yang sakit saat berpuasa, diperbolehkan untuk berbuka, meskipun waktu maghrib belum tiba. Yang mana setelah bulan ramadhan, orang tersebut diharuskan untuk mengganti jumlah hari yang ditinggalkannya, tidak berpuasa karena sakit. 

Melihat kandungan ayat Al-Baqarah ayat 185, Allah SWT telah berfirman agar umat islam mengedepankan kesehatan. Allah memberikan keringanan, mereka yang sakit saat berpuasa boleh berbuka. Sebaiknya tidak memaksakan diri jika memang kondisi tidak memungkinkan atau sedang tidak fit. Kesehatan merupakan harta yang berharga.

Surat Maryam Ayat 13 

Dalam ayat ini, Allah berfirman melalui kebersihan, manusia dapat menghindarkan dirinya dari penyakit. Telah diajarkan pula kepada umat islam berbagai cara untuk bersuci, yaitu wudhu, mandi junub, tayamum. 

Melalui cara-cara bersuci tersebut, manusia bisa menjaga kebersihan diri. Berawal dari kebersihan, kuman menjadi tidak mendekat. Karena itu, biasakan hidup bersih agar bisa terhindar dari penyakit. Kesehatan adalah anugerah, sehingga harus dijaga.

Ayat 4 Surat Al-Muddatsir

Allah berfirman melalui surat Al-Muddatsir ayat 4, yang memerintahkan manusia untuk membersihkan pakaian. Pakaian yang kotor akan membuat kuman menempel. Besar kemungkinannya kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan menjadi penyakit.

Oleh karena itu, kebersihan pakaian adalah hal yang pokok untuk menjaga kesehatan. Jangan mendiamkan apalagi mengabaikan pakaian yang kotor. Segera bersihkan, agar kesehatan selalu terjaga. Anda pun menjadi nyaman ketika pakaian dalam keadaan bersih.

Surat Al-Baqarah Ayat 195

Dalam surat Al-Baqarah ayat 195, Allah berfirman agar manusia tidak menjatuhkan diri dalam kebinasaan dan senantiasa berbuat baik. Salah satu perbuatan menjatuhkan diri dalam kebinasaan adalah tidak menjaga kesehatan. Sebab, sama halnya tidak menghargai anugerah yang diberikan ketika tidak menjaga kesehatan. 

Karena itu, sudah sepatutnya manusia untuk selalu bersyukur, salah satunya mensyukuri kesehatan. Caranya, dengan membiasakan penerapan pola hidup sehat. Menjaga kesehatan pun merupakan salah satu cara untuk berbuat baik kepada diri sendiri. Jadi, sayangi diri Anda dengan menjaga kesehatan. Jangan pernah terlena, kesehatan mahal harganya.

Surat Ali Imran Ayat 133-134 Agar Manusia Menahan Amarah

Amarah yang tidak ditahan bisa mengakibatkan hal buruk, juga berdampak bagi kesehatan. Selain itu, pun akan membawa tubuh dalam kondisi stres. Berbeda ketika amarah itu tidak diluapkan, redam dengan kesabaran. Maka, stres dapat terhindarkan. 

Jadi, ingatlah bawah marah tidak ada gunanya. Tenangkan diri terlebih dahulu. Jaga kesehatan Anda dengan memaafkan orang yang telah membuat kesalahan. Reduksi amarah, agar kesehatan terjaga.

Itulah lima ayat tentang kesehatan yang terdapat dalam Al-Qur'an. Allah SWT telah memerintahkan manusia untum hidup sehat. Jadi, jagalah kesehatan Anda. Apalagi, kondisi bumi sekarang ini yang sedang dilanda wabah. 

Dimulai dari hal kecil, menjaga kesehatan pribadi melalui penjagaan terhadap kebersihan. Kebersihan dan kesehatan adalah dua komponen yang tidak dapat dilepaskan. Dengan kebersihan, kesehatan bisa terjaga.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya