Puasa adalah salah satu kewajiban seluruh umat Islam. Tapi, puasa sendiri dibagi menjadi dua yaitu yang hukumnya wajib dan sunnah. Salah satu jenis puasa adalah Ramadhan dimana semua orang yang beragama Islam harus menjalankannya sebelum hari raya Idul Fitri tiba. 

Waktu menjalankannya memang cukup lama, yaitu satu bulan penuh. Namun, Anda tidak perlu khawatir mengalami gangguan kesehatan karena puasa ini sama sekali tidak membebankan umat. Justru ada manfaat kesehatan bagi Anda yang menjalankan puasa, yaitu sebagai berikut. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Menjaga Kadar Kolesterol

Semua orang sudah mengetahui bahwa penyakit atau gangguan kesehatan pada organ jantung merupakan penyebab kematian tertinggi. Bahkan, tercatat angka kematian secara global dari masalah kesehatan ini mencapai 31,5%. Nah, penyebab masalah jantung bisa terjadi ini karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi. 

Untuk bisa mengatasinya, Anda harus mengubah pola makan dan gaya hidup lebih sehat. Makan berlebih tidak baik untuk kesehatan, begitu pula jika Anda tidak makan tepat waktu. Oleh karena itu Anda wajib menjalankan puasa yang sudah diperhitungkan dengan kemampuan manusia. 

Mengontrol Gula Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa menjalankan puasa ternyata dapat mengontrol gula darah. Dengan begitu, resiko menderita diabetes dapat diminimalisir. Apabila dipikir secara logika memang manfaat satu ini benar adanya. Ketika kita menjalankan puasa, waktu ibadah, beraktivitas dan makan dapat lebih teratur. Ketiga hal ini memang harus berjalan seimbang agar badan menjadi sehat. 

Ketika kita berbuka puasa memang harus mengkonsumsi makanan yang manis-manis tanpa meninggalkan asupan makanan sehat. Dengan begitu, Anda tidak akan kebanyakan maupun kekurangan kadar gula. 

Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, menjalankan puasa juga dapat meningkatkan fungsi otak. Jika sebelumnya hal ini diteliti untuk hewan saja, tapi ternyata juga memiliki manfaat yang sama dengan manusia yaitu membuat otak berfungsi dengan baik. 

Selain itu, beberapa masalah kesehatan pada bagian otak juga dapat terhindari. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir menjalankan puasa karena takut sakit. Karena justru dengan menjalankan puasa dapat membuat kesehatan Anda terjaga. 

Memperpanjang Usia dan Menunda Penuaan

Manfaat puasa selanjutnya adalah memperpanjang usia dan menunda terjadinya penuaan.  Meskipun usia hanya ada di tangan Allah SWT, tapi bukan berarti sebagai manusia kita tidak berusaha. Puasa ini ternyata tidak hanya soal menahan hawa nafsu saja, melainkan juga mencegah terjadinya penuaan dini dan membantu Anda untuk memperpanjang usia. 

Alasan dasar dari manfaat satu ini adalah kebiasaan pola hidup sehat yang Anda terapkan tentu membantu memperpanjang usia. Karena dengan pola hidup yang teratur akan membuat hidup Anda bisa berjalan dengan lebih baik. 

Meningkatkan Metabolisme Serta Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Manfaat puasa yang terakhir adalah meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Nah, dengan menjalankan puasa sangat cocok bagi Anda yang memiliki keinginan untuk diet tapi takut salah memilih program. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara tidak memakan nasi atau makanan lainnya maka cara ini saah besar. 

Karena, dengan berpuasa saja Anda sudah cukup sehat untuk menjalankan program diet. Anda memang merasa lapar, tapi yang dirasakan itu tidak sesakit ketika pola makan menjadi lebih tidak teratur. Dengan puasa ini Anda tetap bisa makan sehari dua kali, yaitu ketika sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, jangan menganggap bahwa puasa itu menyiksa melainkan membantu Anda untuk membiasakan pola hidup sehat. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya