Tidak banyak orang ketahui bahwa apa yang kita lakukan atau temui di dunia itu sebenarnya hasil dari penemuan muslim. Dimana kebanyakan orang memang tidak memikirkan bagaimana sebuah kebiasaan atau barang itu ada. Jadi, sejarah yang sangat penting seringkali tidak diketahui oleh banyak orang bahkan umat muslim sendiri. 

Penemuan Soal Operasi atau Bedah

Salah satu cara pengobatan yang paling ditakuti oleh banyak orang adalah operasi atau bedah. Teknik seperti ini diciptakan oleh seorang dokter ternama Al-Zahrawi yang hingga sekarang dikenal menjadi mahaguru dokter bedah. Beliau sudah mempublikasikan sekitar 1500 ensiklopedia yang membahas tentang operasi. 

Sejak saat itu, publikasi dari Al-Zahrawi dijadikan referensi medis selama 500 tahunan di Eropa. Bahkan, beliau juga menggunakan usus kucing untuk dijadikan benang operasi. Dari hal tersebut, akhirnya beliau juga menemukan konsep untuk alat  yang lainnya. 

Penemuan Minuman Kopi yang Digemari Hingga Saat Ini

Sebagian besar orang pasti menyukai minuman kopi karena memang cocok dinikmati pagi hingga malam hari. Biji kopi pertama kali diolah untuk diseduh pada abad ke-9 di Yemen. Waktu itu, minuman yang dikenal memiliki energi alami ini dikonsumsi oleh kaum Sufi agar bisa terjaga di malam hari ketika berdoa. Tak heran jika sampai sekarang minuman yang dominan pahit ini dipercaya untuk menahan rasa kantuk. 

Selanjutnya, ada sekelompok pelajar yang membawa kopi ke Kairo sehingga bisa dikenal lebih luas lagi. Bahkan, saat ini peminat minuman kopi terbanyak ada di dunia bagian Barat. 

Universitas Pertama yang Didirikan Oleh Seorang Wanita

Pasti sebagian besar orang belum mengetahui bahwa ternyata pendiri pertama adanya universitas adalah seorang wanita. Beliau bernama Fatimah Al-Firhi yang mendirikan Universitas Al Quaraouiyine dimana sudah ada sejak tahun 859 hingga saat ini. Jika Anda belum mengetahui kampus ini, maka bisa dilihat di mesin pencarian.

Dengan adanya universitas tersebut, Hassani berharap agar semua orang menyadari bahwa suatu pembelajaran sangat penting. Dimana sudah menjadi inti dari tradisi Islam yang menganggap ilmu dan pengetahuan adalah hal utama. 

Nabi Muhammad SAW Orang Pertama Mempopulerkan Penggunaan Sikat Gigi

Selanjutnya, ada sikat gigi yang dipopulerkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kebersihan diri. Awalnya, beliau menggunakan sebuah ranting yang berasal dari pohon meswak atau lebih dikenal dengan siwak. Tak hanya untuk membersihkan gigi saja, kebiasaan menyikat gigi juga untuk menyegarkan nafas.

Hal tersebut sesuai dengan perintah Allah SWT dalam Al Qur’an yang mewajibkan seluruh hambaNya untuk menjaga kebersihan. Hanya saja yang membedakan zaman dahulu dengan sekarang adalah model dari sikat giginya dimana saat ini lebih tampak modern.

Penemuan Pesawat Terbang yang Selalu Dikaitkan dengan Wright Bersaudara

Hassani menerangkan bahwa orang pertama yang menciptakan mesin terbang adalah Abbas Ibn Firnas. Sejak percobaannya untuk merakit mesin ini, akhirnya beliau menjadi inspirasi bagi Leonardo da Vinci. Temuan Firnas pada abad ke-9 ini dideskripsikan oleh seorang sejarawan Moroko yang bernama Ahmed Mohammed Al-Maqqari. 

Dalam deskripsinya itu beliau mengatakan bahwa rancangan alat bersayap yang dibuat mirip dengan kostum burung. Bahkan, hasilnya benar-benar bisa terbang sehingga sempat membuat banyak orang heboh. 

Kelima penemuan muslim yang sudah disebutkan diatas wajib diketahui oleh seluruh umat beragama Islam. Karena semua penemuan tersebut sudah biasa kita temukan hingga saat ini. Jadi, akan lebih baik jika kita mengetahui sejarah yang sangat penting sepanjang masa. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya