Suasana keluarga islami pasti menjadi impian semua umat Rasulullah SAW agar bisa mencapai sakinah mawaddah warahmah. Dalam hal ini berarti setiap anggota mampu melakukan hak dan kewajibannya dengan baik sesuai peran masing-masing. Apabila Anda memiliki keinginan untuk menjadikan keluarga yang tergolong Islami, maka pastikan ciri-ciri yang akan dibahas ini ada pada keluarga Anda. 

Ibadah dan Kepatuhan Kepada Allah SWT Selalu Diperhatikan

Dalam sebuah keluarga, suasana yang Islami tentu akan muncul ketika ibadah serta ketaatan kepada Allah SWT selalu diperhatikan. Misalnya dengan menjaga agar semua anggota keluarga tidak meninggalkan sholat wajib. Suasana keluarga Islami bisa disandang jika keadaan rumah sudah dibiasakan dengan ibadah dan semua orang yang ada di dalamnya taat kepada Allah SWT. 

Terbiasa Memelihara Kebiasaan Tauhid

Kebiasaan tauhid merupakan asas penegakan dasar sebuah keluarga yang harus selalu dipelihara. Karena, seluruh orientasi dalam hidup ini pasti memiliki keterkaitan dengan asas yang satu ini. Oleh karena itu, Rasulullah SAW mengajak seluruh umatnya untuk menanamkan tauhid sejak anak masih Berhad di dalam kandungan sang ibu. Dimana memang Tauhid sendiri adalah suatu pernyataan atas keesaan Allah SWT.

Keluarga yang Dipenuhi dengan Perhatian

Perhatian terhadap sesama anggota keluarga pasti akan menumbuhkan rasa keharmonisan yang tinggi. Mengapa dalam keluarga harus terikat hubungan yang harmoni? Karena Allah SWT sudah jelas-jelas memerintahkan agar seluruh hambaNya tidak bercerai berai. Terutama untuk orang-orang yang memiliki hubungan satu darah tentu harus saling menyayangi dan mengasihi. Baik hubungan antara suami dengan istri, orang tua dengan anak, serta kakak dengan adik. 

Membiasakan Akhlak Islami

Agar sebuah keluarga selalu berada di situasi yang baik, dingin, dan tentram alangkah baiknya jika semua orang di dalamnya memiliki akhlak Islami. Dengan dibekali akhlak yang baik maka sebuah keluarga tidak akan guncang ketika dihadapkan dengan berbagai masalah. Karena dapat menyelesaikan masalahnya dengan tenang, tanpa emosi dan saling mendukung. Jika Anda sudah memiliki keluarga yang seperti ini, maka tandanya satu poin untuk mencapai suasana keluarga Islami dapat terwujud.

Kebersihan dan Keindahan Rumah yang Terjaga

Menjaga kebersihan dan memperindah rumah adalah kewajiban bagi seluruh anggota keluarga. Sebuah keluarga tidak pantas dikatakan memiliki suasana Islami jika kebersihan dan keindahan rumah tidak benar-benar dijaga. Jangan sampai hal seperti ini diremehkan sehingga mendatangkan suasana rumah yang kurang menenangkan dan menyenangkan. Karena sejatinya rumah adalah surga bagi setiap penghuninya. 

Bahkan tidak cukup dengan membersihkan dan memperindah saja, tapis semua penghuni rumah sebaiknya serutin mungkin melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Tujuannya agar semua anggota keluarga terlindungi dan suasana rumah membawa kebahagiaan.

Status dan Hak Masing-Masing Anggota Keluarga Terjaga

Apabila masing-masing orang dalam sebuah keluarga sudah bisa mendapatkan haknya sesuai status maka memungkinkan bagi mereka sudah memiliki suasana keluarga Islami. Karena tidak hanya kewajiban saja yang harus didapatkan oleh setiap orang. Melainkan hak yang memang sudah didapatkan oleh setiap manusia sejak masih di dalam rahim.

Misalnya dalam sebuah keluarga anak-anak memiliki hak untuk mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Maka hak tersebut memang harus terpenuhi karena pada dasarnya anak memang titipan dari Allah SWT. Dengan begitu, ketaatan anak kepada Allah SWT dan kedua orangtuanya bisa benar-benar terjaga. Kasih sayang bukan berarti memanjakan anak, melainkan mendidik dan merawat anak sebaik-baiknya. 

Itulah sedikit pembahasan mengenai ciri-ciri suasana keluarga Islami yang harus dijadikan impian semua keluarga Islam. Karena sebagai umat Rasulullah SAW, kita diwajibkan memiliki keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya